Cerita Ganjar Diumumkan Jadi Capres: Gemetar, karena Saya Orang Biasa

Jurnalis: Nur Rahman
Editor: Marno

10 Juni 2023 20:50 10 Jun 2023 20:50

Thumbnail Cerita Ganjar Diumumkan Jadi Capres: Gemetar, karena Saya Orang Biasa Watermark Ketik
Bacapres Ganjar Pranowo saat hadiri deklarasi relawan (Foto: DPP PDIP)

KETIK, JAKARTA –  Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan (PDIP), PPP, dan Perindo, Ganjar Pranowo mengungkapkan momen dirinya diumumkan sebagai calon pesiden 2024 oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ganjar mengaku bergetar saat Megawati mengumumkan namanya sebagai calon presiden dari PDIP. Sebab, Ganjar merasa dirinya merupakan orang biasa yang hidup dalam kesederhanaan sejak kecil.

Hal itu disampaikan Ganjar saat hadir dalam acara Deklarasi Relawan Gapura Nusantara di Klub Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (10/6/2023). 

"Saya sejak tanggal 21 April sebagai kader PDIP, diberikan amanah oleh Ibu Mega untuk menjadi calon presiden, saya gemetar saat itu. Karena saya persis dengan Bapak Ibu, orang biasa saja," ungkap Ganjar.

Ganjar juga menegaskan bahwa dirinya bukan orang yang lahir dari keluarga yang dipenuhi dengan kemewahan. 

Gubernur Jawa Tengah ini pun menceritakan perjalanan hidupnya semasa kecil sebagai seorang anak dari anggota Polri, saat itu. Di mana, semuanya penuh kekurangan dan bahkan harus berjuang bersama demi memenuhi kebutuhan.

"(Saya anak) dari bapak saya pensiunan polisi yang pada saat itu pangkatnya letnan satu, yang hidupnya harus membayar utang dari bulan ke bulan. Gaji bulan ini untuk bayar hutang bulan sebelumnya. Demikian seterusnya, kami anak-anaknya bisa membereskan utang-utang setelah kami bekerja," kata Ganjar.

"Jadi kami tidak hidup dalam keenakan dan kemewahan, tidak sama sekali," tegasnya.

Meski begitu, Ganjar justru mengaku bersyukur lewat gemblengan sang ayah, membentuk karakter dirinya yang disiplin dan kuat dalam menghadapi situasi.

"Tapi spirit patriotisme, spirit perjuangan dan nilai perjuangan yang diberikan lewat disiplin militer, betul-betul memang membekas," ujar Ganjar.

"Sederhana, hanya sekedar nyemir sepatu setiap pagi. Kalau tidak mengkilap disuruh lari, mungkin anak-anak TNI-Polri saat ini tidak kenal lagi brasko. Kita disuruh brasko kuningan sampai mengkilap. Maka saya tahu caranya menyemir sepatu bisa mengkilap," sambung dia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ganjar Pranowo PDIP Megawati Soekarnoputri pemilu2024 pilpres2024