Ciptakan Desain Batik, Filkom UB Malang Gunakan Teknologi AI

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

22 Mei 2024 06:05 22 Mei 2024 06:05

Thumbnail Ciptakan Desain Batik, Filkom UB Malang Gunakan Teknologi AI Watermark Ketik
Beberapa desain batik yang dihasilkan oleh Generative AI. (Foto: Humas UB)

KETIK, MALANG – Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya (UB Malang) tengah mengerjakan proyek pengembangan sistem kecerdasan buatan generatif (Generative AI) yang dituangkan dalam sebuah penelitian. Proyek tersebut bertujuan untuk menghasilkan sebuah desain batik sesuai keinginan.

Penelitian dipimpin oleh Dr. Eng. Novanto Yudistira, dilakukan bersama Dr. Eng. Irawati Nurmala Sari, dan melibatkan beberapa anggota dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Proyek ini telah dimulai sejak tahun 2022 dan melaksanakan riset generative AI pada 2023.

Menggunakan teknologi prompt to batik, membuat pengguna dapat memberikan deskripsi terkait corak batik yang diinginkan. Nantinya AI Generatif mampu menghasilkan desain batik secara otomatis berdasarkan deskripsi yang diberikan.

Tim telah mengumpulkan dan menganalisis dataset beragam motif batik yang ada di Indonesia. Alhasil AI Generatif telah mampu mengenali dan memahami beragam pola, warna, hingga elemen motif-motif batik tersebut.

“Pengguna dapat memberikan prompt yang spesifik, seperti batik dengan motif parang berwarna biru dengan sentuhan modern dan sistem AI generatif akan menghasilkan desain yang sesuai dengan deskripsi tersebut," ujar Dr. Eng. Novanto Yudistira, Rabu (22/5/2024).

Menurut pria yang kerap dipanggil Yudis itu, melalui Generative AI dapat memperkaya dan melestarikan batik menggunakan inovasi digitasl. Dengan demikian desainer dan pelaku di industri batik dapat berkreasi lebih efisien.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu menghasilkan desain batik yang tidak hanya mempertahankan keaslian dan keindahan motif tradisional nusantara, tetapi juga dapat disesuaikan dengan preferensi dan kreativitas individu pengguna,” lanjutnya.

Tak hanya itu, Generative AI juga membuka peluang eksplorasi kreatif dalam seni batik. Motif-motif baru dan tetap berakar pada tradisi pun sangat mungkin untuk diciptakan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Generative AI Desain Batik Batik dengan AI FILKOM Universitas Brawijaya