David Bisa Bicara, Ingin Ziarah ke Makam Gus Dur dan KH Cholil Bisri

Jurnalis: Marno
Editor: Rudi

6 April 2023 00:23 6 Apr 2023 00:23

Thumbnail David Bisa Bicara,  Ingin  Ziarah ke Makam Gus Dur dan KH Cholil Bisri Watermark Ketik
Ekspresi David saat berdialog dengan ayahnya Jonathan Latumahina. (Foto: kolaseTwitter@seeksixsuch)

KETIK, JAKARTA – Kondisi kesehatan Cristalino David Ozora (17), korban penganiayaan Mario Dandy Satrio (20) sudah bisa diajak bicara oleh sang ayah Jonathan Latumahina

Sambil berbaring, David menjawab pertanyaan pengurus pusat GP Ansor itu. Suaranya sempat lirih, selanjutnya nyaris tak terdengar, hanya gerak bibirnya yang terlihat mengucapkan kalimat jawaban.

Dalam video yang diunggah di Twitter Sixseeksuch, Rabu (5/4/2023) David yang sempat koma sebulan lebih itu terlihat wajahnya lebih segar, meski di lehernya masih ada selang terpasang.

“Yang ada di pikiran David saat ini kalau sembuh langsung ke rembang ziarah Mbah Cholil dan nyuwun suwuk Mbah Mus, segera le ❤,” Jonathan memberi keterangan pada unggahan di akun twitternya.

Dialog bapak dan anak itu diawali sapaan dengan ucapan salam dari Jonathan. “Assalamualaikum vid,” sapa Jonathan kepada putranya. “Waalaikumsalam,” jawab David dengan suara pelan. “Waalaikumsalam. Masya Allah,” ujar Jonathan Latumahina mengulangi jawaban anaknya.

Dialog antara Jonathan dan David selanjutnya, tak terdengar suaranya. Hanya dari gerak bibir bisa dimengerti maksudnya.

"Vid sesok nek wis mari, dewe nang...(Vid besok kalau sudah sembuh, kita ke....)," ujar Jonathan. "Rembang," jawab David lirih nyaris tak terdengar.

"Rembang, ziaroh nang nggone Mbah Cholil,  terus nyuwun suwuk Mbah Kiai Mustofa Bisri, iya Gus Mus (Rembang, ziarah ke makam Mbah Cholil, iya terus minta doa kesembuhan ke Mbah Mustafa Bisri, iya Gus Mus)," ujar Jonathan yang diikuti gerak bibir David tanpa bersuara.

"Terus bar iku nang Tebu Ireng, nang makame sopo nang Jombang? (Terus setelah itu ke Tebu Ireng, ke makamnya siapa di Jombang?" tanya Jonathan. David pun menjawab dengan gerak bibir, "Gus Dur."

 "Gus Dur yo, karo (dengan) Hadratusyeikh Hasyim Asy'ari yo he he," ujar pria bertato itu menimpalinya.

Unggahan ini disukai 11.000 orang dan dikomentari 228 orang dan diretweet 1.208 dan ditonton 823 ribu orang. Seorang nitizen mengaku sampai menteskan air mata saat melihat dialod David dan ayahnya.

"MasyaAllah cah bagus, mbrebes mili le ndelok videone sampean iki. Mugi Gusti Allah paring rido ya le..ndang waras, seger, sehat gek ziaroh. (MasyaAllah anak bagus, menete air mata nak melihat video kamu itu. Semoga Allah memberikan Ridlo ya nak, segera sembuh, segar, sehat langsung ziarah)," ujar Usman @thunderflashhh. 

"Kagem pak jo lan istri, mugi2 tansah pinaringan sehat, kuat, sabar ingkang mboten wonten watese. (Untuk Pak Jo dan istri semoga diberi kesehatan, kesabaran tanpa batas). Aamiin Allohuma Aamiin."

Terbongkar Sang Ayah Korupsi

Seperti diketahui, David dianiaya Mario Dandy Satriyo, anak mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo, 20 Februari 2023. David yang sudah tak berdaya kepalanya diinjak-injak dan ditendang seperti bola. Penganiaan itu divideo oleh teman Mario Shane Lukas (19) dibantu Agnes, pacar Mario yang juga mantan pacar David.

Penganiayaan ini dipicu aduan ke Mario bila Agnes pernah dilecehkan David. Mario yang naik pitam langsung menghajar David di Perumahan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Sekarang, Mario, Shane Lukas dan Agnes yang menjadi terdakwa menjalani proses persidangan kasus ini.

Imbas dari kasus ini, ayah Mario, Rafael alun dicopot sebagai pejabat Ditjen Pajak dan ditetap sebagai tersangka gratifikasi Rp 1,3 miliar dan ditahan oleh KPK. Pemeriksaan oleh KPK dilakukan berawal dari Mario yang sering pamer mobil mewah Jeep Rubicon dan sepeda motor Harley Davidson.

Setelah diklarifikasi KPK lewat Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara, terbukti jumlah harta yang dilaporkan tak sesuai. Akhirnya terkuak bila Rafael Alun menerima gratifikasi dari para wajib pajak yang bermasalah lewat kantor konsultan pajak yang dia miliki. (*)

Tombol Google News

Tags:

David Ozora Mario Dandy