Deklarasi Dukungan Capres, Ganjar Tak Bicara Politik di Sidoarjo

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Marno

10 Juni 2023 20:40 10 Jun 2023 20:40

Thumbnail Deklarasi Dukungan Capres, Ganjar Tak Bicara Politik di Sidoarjo Watermark Ketik
Ganjar Pranowo mengajak relawan dan massa yang mengelu-elukannya untuk menjaga, merawat, dan mengembangkan budaya Nusantara di GOR Delta Sidoarjo Sabtu sore (10/6). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Puluhan ribu massa segera memalingkan wajah ke arah tribun barat GOR Delta Sidoarjo. Mereka menyambut kehadiran Ganjar Pranowo Sabtu sore (10/6/2023). Lambaian tangan dan senyuman Ganjar menjawab sapaan massa relawan yang menunggunya. Dia dielu-elukan sebagai Presiden 2024.

Puluhan ribu relawan itu berdatangan sejak pagi. Dari berbagai daerah di Jawa Timur. Mereka masuk ke dalam stadion mulai sekitar pukul 14.00. Banyak yang terlihat berusia muda. Kalangan milenial. Ada pula berbagai organisasi, paguyuban, forum, gerakan, dan sebagainya. GOR Delta penuh.

Sebagian terang-terangan mendekralasikan dukungan untuk Ganjar sebagai bakal calon presiden. Di antaranya, Gabungan Seniman Indonesia (GSI) dan Dinasti Nusantara. Disebut ada sekitar 160 organisasi di Indonesia yang menyokong Ganjar Pranowo. Mereka siap mengantarkan Gubernur Jawa Tengah itu ke Istana Presiden.

Foto Ganjar yang baru tiba langsung menyapa puluhan ribu relawan yang menunggunya di Sidoarjo. (foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Ganjar yang baru tiba langsung menyapa puluhan ribu relawan yang menunggunya di Sidoarjo. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Suguhan parade budaya bernuansa Bhineka Tunggal Ika juga mewarnai perjumpaan ganjar dengan para pengagumnya yang bertajuk Merawat Jiwa Nusantara, Silaturahmi Relawan Ganjar Pranowo tersebut. Ada tarian-tarian dari berbagai provinsi. Dari Aceh hingga Papua. Parade kolosal nan eksotik.

Artis-artis beken tak kalah hebat memikat massa relawan. Ada Dewi Persik, Sule, Soimah, Atta Halilintar dan Toriq Halilintar. Mereka menyanyikan lagu-lagu.

Mampu menambah panas suasana yang disinari terik matahari. Termasuk, komedian asal Surabaya, Akbar (Insan Nur Akbar) yang mengocok perut penonton dengan lawakan khas dan kuisnya.

Ganjar tiba di sekitar pukul 16.15. Dia didampingi oleh tokoh-tokoh relawan, tim pemenangan, kepala daerah, maupun petinggi DPD PDIP Jawa Timur. Kepada puluhan ribu massa, Ganjar menyatakan terima kasih karena mereka semua sudah hadir.

”Mohon maaf, saya baru bisa hadir sore di Sidoarjo. Saya tahu puluhan ribu relawan di Jatim datang sejak pagi. Semangat hadirin semua. Semangat saudara semua sangat tinggi untuk merawat keberlanjutan dan merawat kebangsaan kita," kata Ganjar.

Kepada para pendukungnya, Ganjar tidak menyampaikan pidato atau orasi politik. Perhatian terbesarnya ialah bagaimana menjaga, merawat, dan mengembangkan kebudayaan serta kesenian Indonesia.

Foto Kain rentang dukungan besar untuk Ganjar Pranowo menuju Presiden 2024 terbentang lebar di tribun GOR Delta.  (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Kain rentang dukungan besar untuk Ganjar Pranowo menuju Presiden 2024 terbentang lebar di tribun GOR Delta. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Dia mengatakan sempat berdiskusi dengan artis-artis yang hadir di GOR Delta. Diskusi tentang bagaimana merawat budaya. Bagaimana merawat kesenian.”Kita kembangkan bersama-sama. Dan, butuh strategi kebudayaan untuk itu,” katanya.

Kehadirannya bersama para relawan dan pendukung merupakan ikhtiar bersama untuk merawat bangsa. Merawat kemerdekaan. ”Kitalah yang menentukan nasib bangsa sendiri,” ujarnya.

Kekayaan budaya Indonesia itu sangat beragam. Mulai tari, pakaian, kuliner, dan sebagainya. Salah satu prestasi membanggakan itu ditunjukkan oleh Putri, peserta America’s Got Talent. Prestasinya mendunia. Menggemparkan.

”Anak-anak kita seperti Putri ini harus dapat ruang untuk berkembang,” ungkap Ganjar. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ganjar Pranowo sidoarjo terkini GoR Delta Pilpres 2024 Relawan Ganjar PDIP pemilu2024 pilpres2024