Dicoret DPC dari Bacaleg, Politikus PKB Akan Mengadu ke DPW-DPP

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Marno

26 Juli 2023 16:48 26 Jul 2023 16:48

Thumbnail Dicoret DPC dari Bacaleg, Politikus PKB Akan Mengadu ke DPW-DPP Watermark Ketik
Choirul Anam (kanan) saat mengikuti pendaftaran bacaleg di Pemilu Legislatif 2024 bersama pimpinan DPC PKB Sidoarjo ke kantor KPU Sidoarjo pada Sabtu (13/5/2023). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Daftar calon legislatif (caleg) sementara (DCS) belum diumumkan oleh KPU, Sudah ada nama bacaleg (bakal calon anggota legislatif) yang dicoret dari daftar partai. Dia adalah bacaleg PKB Sidoarjo Drs Choirul Anam. Politikus asal Tanggulangin itu menyatakan akan menempuh langkah ke DPW PKB Jatim dan DPP PKB di Jakarta.

Kepada Ketik.co.id, Choirul Anam mengatakan dirinya mengetahui kabar pencoretan itu sekitar 1 bulan lalu. Tapi, hingga Rabu malam (26/7/2023), belum ada surat atau pemberitahuan apa pun secara resmi dari partainya, DPC PKB Sidoarjo.”Sampai hari ini saya belum dapat surat resmi dari DPC,” ujar Cak Anam, sapaan akrabnya.

Semula beredar kabar bahwa Choirul Anamlah yang mundur dari pencalegan. Alasannya belum diketahui pasti. Namun, lelaki yang juga mantan anggota DPRD Sidoarjo itu membantah dirinya mundur atas kemauan sendiri. Yang benar, DPC PKB mencoretnya dari daftar bacaleg.

Choirul Anam menduga, pencoretan dirinya terkait dengan kuota bacaleg perempuan. Di daerah pemilihan (dapil) 2 (Candi, Tanggulangin, Porong, dan Jabon), dirinya berada di nomor urut 6 dari 9 bacaleg. Tapi, namanya kemudian diganti dengan bacaleg perempuan. Komposisi bacaleg di dapil tersebut menjadi 5 bacaleg laki-laki dan 4 bacaleg perempuan.

Choirul Anam memastikan dirinya akan tidak diam. Dia berencana menempuh langkah-langkah ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur, bahkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB di Jakarta. Dia yakin namanya akan dikembalikan lagi ke daftar bacaleg dan ikut berkontestasi pada Pileg 2024.”Nanti ada perbaikan oleh DPP. Tidak tahu siapa yang akan diganti,” ungkapnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo M. Iskak membenarkan bahwa memang ada penggantian nama bacaleg PKB. Dia adalah bacaleg di dapil 2 dan atas nama Choirul Anam.

Ditanya apakah yang bersangkutan menyatakan mundur, Iskak mengaku tidak tahu soal itu. Yang pasti, nama Choirul Anam di daftar bacaleg PKB dapil 2 sudah tidak ada alias diganti oleh partainya.”Penggantinya perempuan, tapi saya lupa nama persisnya,” ungkap Iskak.

Sekretaris DPC PKB Sidoarjo Abdillah Nasih belum bisa memberikan konfirmasi soal pencopotan Choirul Anam dari daftar bacaleg PKB di KPU. Ketika dikonfirmasi lewat telepon Rabu malam (26/7/2023), Nasikh mengatakan dirinya sedang menghadiri sebuah acara dan belum bisa memberikan keterangan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pileg2024 pilpres2024 KPU Sidoarjo PKB Sidoarjo DPRD Sidoarjo Bacaleg Sidoarjo Pemilu2023