Didukung Muslimat NU, Cawabup Malang Bu Nyai Lathifah Komitmen Berdayakan Kader

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

4 Oktober 2024 20:22 4 Okt 2024 20:22

Thumbnail Didukung Muslimat NU, Cawabup Malang Bu Nyai Lathifah Komitmen Berdayakan Kader Watermark Ketik
Cawabup Malang nomor urut 1 Bu Nyai Lathifah ketika bersama kader Muslimat NU. (Foto: Binar Gumilang/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kepedulian yang ditunjukkan Cawabup Malang Hj Lathifah Shohib (Bu Nyai Lathifah) terhadap ibu-ibu Muslimat NU tidak perlu diragukan lagi. Cawabup Malang nomor urut satu ini tetap berkomitmen memberdayakan kader Muslimat. 

Hal tersebut ditunjukkan dengan mendatangi pengajian ibu-ibu Muslimat NU di sejumlah desa di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jumat, 4 Oktober 2024.

Komitmen dalam pemberdayaan ini bukan tanpa alasan. Karena Cawabup Malang nomor urut 1 Hj Lathifah Shohib lahir dari keluarga besar Nahdlatul Ulama atau NU, utamanya berlatar belakang Muslimat NU.

Hal ini membuat dirinya berkomitmen untuk terus melakukan pemberdayaan tersebut.

"Saya sejak 2014 maju DPR RI, pendukung utama saya dari Muslimat. Maka ini, modal yang saya kuatkan sebelum saya melangkah ke komunitas-komunitas lain," ujar Bu Nyai Lathifah kepada Ketik.co.id.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini dirinya bergerak untuk Muslimat dan bergerak untuk komunitas yang lain. Disinggung mengenai program yang ditawarkan kepada Muslimat NU, Bu Nyai Lathifah membeberkan secara gamblang.

"Ada program pendidikan, kesehatan dan peningkatan program perekonomian melalui pelatihan-pelatihan," kata Politisi PKB tersebut.

Bu Nyai Lathifah yang juga cucu pendiri NU ini sejak lama sudah melakukan pemberdayaan ke Muslimat.

"Saya sudah melakukan itu, melalui program tenaga kerja mandiri pemula dan tenaga kerja mandiri lanjutan. Jadi itu kelompok, kemudian dilatih sesuai dengan passion kelompok itu," kata Bu Nyai Lathifah.

Berbagai bidang kata ia juga telah dilakukan pemberian pelatihan. "Kalau mereka minta boga ya boga, busana ya busana, rias ya rias. Kemudian ada yang bunga dari pertanian hingga bucket-bucketnya," terangnya.

Menurutnya, hasil dari pendampingan dan pelatihan ibu-ibu Muslimat NU itu banyak yang berhasil dan menghasilkan produk unggulan. Tentunya produk unggulan itu memiliki nilai ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Alhamdulillah mereka sudah survive. Memang benar-benar bisa dirasakan menambah income keluarga. Sehingga mereka, tidak tergantung dengan bantuan dari pemerintah," terangnya.

Program inilah yang terus dilakukan oleh Bu Nyai Lathifah dan tentunya akan semakin maksimal apabila dirinya bersama Cabup Malang Sanusi mendapat mandat dari rakyat untuk memimpin Kabupaten Malang lima tahun mendatang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bu Nyai Lathifah Lathifah Shohib Muslimat NU Cawabup Malang Sanusi-Lathifah Salaf Pilbup Malang Pilkada Kabupaten Malang Kabupaten Malang #Pilkada2024