Dubes Swiss Kunjungi Grahadi Bahas Kerja Sama: Jatim Salah Satu Ekonomi Terkuat Indonesia

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

22 Februari 2024 10:23 22 Feb 2024 10:23

Thumbnail Dubes Swiss Kunjungi Grahadi Bahas Kerja Sama: Jatim Salah Satu Ekonomi Terkuat Indonesia Watermark Ketik
Duta Besar Swiss untuk Indonesia H.E Olivier Zehnder (kiri) didampingi Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono melihat kesenian asli Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Kamis (22/2/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melakukan kerja sama dengan pemerintah Swiss untuk pengembangan pendidikan dan perdagangan untuk Jawa Timur. Duta Besar Swiss untuk Indonesia H.E Olivier Zehnder mengaku senang dan puas dengan pemerintah Jawa Timur. Itu karena beberapa perusahaan Swiss berkembang cukup bagus di Jawa Timur.

"Saya yang baru dua hari di Surabaya ini sangat kagum dengan sambutan yang diberikan Pemprov Jatim kepada saya. Dalam pertemuan itu kami membahas berbagai macam investasi kedepannya seperti pendidikan vokasi dan perdagangan," jelas Olivier saat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (22/2/2024).

Saat disinggung kenapa memilih Jawa Timur, Olivier mengaku Jawa Timur salah satu ekonomi terkuat di Indonesia. "Jadi kami ingin mengembangkan itu di Indonesia terlebih Jawa Timur, dan kami sudah bertemu perusahaan Swiss di Jawa Timur ini," jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan bentuk kerja sama ini Pemprov Jatim melalui Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jatim melakukaan kerja sama dalam peningkatan ekonomi. "Jadi nanti kami akan melakukan kerja sama ini dengan Kadin Jatim untuk menungkatkan ekonomi di Jatim," bebernya.

Foto Pertemuan antara pemerintah Swiss dan Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (22/2/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Pertemuan antara pemerintah Swiss dan Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (22/2/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Bentuk kerja sama dengan Kadin Jatim ini nantinya akan dilakukan pembahasan lebih. "Nantinya akan kami jadwalkan untuk pertemuan Kadin Jatim dan Swiss," jelas Adhy.

Selain itu, Pemprov Jatim sudah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Negara Swiss dalam bidang transportasi. "Indobus menjadi salah satu bentuk kerja sama kita dengan Swiss dalam bidang transportasi," ucap pria yang juga menjabat sebagai Sekda Prov Jatim ini.

Dengan kerja sama ini, Adhy yakin jika Swiss akan kembali melakukan investasi yang untuk kemajuan Jawa Timur untuk menjadi lebih baik. "Kami tadi bicara banyak hal di dalam untuk membahas bagaimana ke depan investasi yang baik di Jawa Timur," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Duta Besar Swiss Swiss Pj Gubernur Jatim Pj Gubernur Adhy Adhy karyono Jawa timur H.E Olivier Zehnder