Evaluasi Kebakaran, Pj Wali Kota Batu: TPA Tlekung Hanya Menampung Sampah Residu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

21 Oktober 2023 09:18 21 Okt 2023 09:18

Thumbnail Evaluasi Kebakaran, Pj Wali Kota Batu: TPA Tlekung Hanya Menampung Sampah Residu Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai terjun langsung meninjau petugas memadamkan kebakaran TPA Tlekung, Sabtu (21/10/2023) dini hari. (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai terjun langsung meninjau petugas memadamkan kebakaran Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Tlekung, Sabtu (21/10/2023) dini hari. Usai menghadiri kegiatan TPID Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Aries langsung bergegas menuju lokasi kebakaran.

"Melihat kondisinya secara langsung, sudah berangsur membaik. Sudah tidak seperti awal dari laporan yang saya terima. Mungkin saat ini tinggal pendinginan saja. Mudah-mudahan segera padam total," kata Aries.

Hingga berita ini dimuat, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu telah menerjunkan 5 mobil tangki. Mereka didukung oleh 2 armada dari DLH dan 2 armada Perumdam Among Tirto. 

DPKP Kota Batu juga menggunakan lebih dari 150 tangki air berkapasitas 4000 liter.  

"Kami masih menghitung luas area pastinya yang terbakar dan penyebab terjadinya kebakaran tersebut juga masih belum menemui titik terang," ujar Aries.

Saat disinggung tentang langkah pemerintah usai terjadinya kebakaran ini, Aries sudah menyusun strategi agar kejadian serupa tidak terulang. Padahal menurutnya TPA Tlekung saat ini hanya menampung sampah residu saja.

"Sebelumnya kami telah menyusun langkah penanganan sampah pasca TPA Tlekung ditutup untuk mengurai persoalan yang menumpuk sebelum kejadian kebakaran ini. Akan segera kita percepat agar persoalan tidak semakin rumit dan penanganan sampah akan maksimal," urainya.

Untuk informasi, kebakaran TPA Tlekung dilaporkan di markas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) pada Jumat (20/10/2023) pukul 12.45 WIB. Kepulan asap pertama kali muncul pada sisi barat tumpukan sampah di TPA Tlekung, Kota Batu. Kemudian segera setelah itu DPKP meluncurkansatu armada dan satu mobil suplai, ditambah dari DLH 2 unit mobil tangki. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kebakaran TPA Tlekung TPA Tlekung Kota Batu Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai Damkar Batu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sampah Residu