FPD Dukung AHY Dampingi Anies di Pilpres 2024

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

24 Maret 2023 05:59 24 Mar 2023 05:59

Thumbnail FPD Dukung AHY Dampingi Anies di Pilpres 2024 Watermark Ketik
Forum Pesantren Desa (FPD) dukung AHY mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Foto : M. khaesar/Ketik.co.id

KETIK, SURABAYA – Dukungan terhadap Agus Harimurti Yudoyono (AHY) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus mengalir. Kali ini dukungan dari Forum Pesantren Desa (FPD). 

Ketua FPD Jatim Moh. Waldi. SH mengatakan banyaknya masalah dan tantangan yang dihadapi di era digitaliasi saat ini. Seperti ekonomi, hukum dan pendidikan membutuhkan sosok yang tepat untuk mensejahterakan masyarakat. Kondisi ini FPD menilai AHY sosok yang tepat untuk mendampingi Anies Baswedan menyelesaikan masalah ini.

"Maka kita butuh pemimpin muda yg mampu mengatasi persoalan itu. Maka, sosok yang kami rekomendasikan sebagai Presiden dan wakil presiden adalah Bapak Anies Baswedan dan AHY," katanya, Jumat (24/3/2023).

Waldi akan mengkonsolidasikan pesantren di sejumlah desa yang tersebar di sejumlah daerah di Jawa Timur. Selama ini jauh dari perhatian pemerintah yang  lebih mendapat tempat dan peran dalam membangun, kecerdasan religi anak-anak di desa dengan pengajaran yang mereka berikan. "Bahkan kita tahu pesantren menjadi tujuan para peserta untuk memperoleh dukungan. Pendekatan, sosialisasi dan janji kian hari semakin riuh terdengar," terangnya.

Waldi menambahkan FPD menilai pasangan Anies dan AHY cocok menjadi pasangan dalam Pilres 2024 nanti. "Kami tiba pada satu keyakinan, yaitu tadi Anies dan AHY sebagai pemimpin yang pas untuk 2024, muda dan cerdas," tambahnya. 

Waldi menegaskan kekuatan Pondok Pesantren di desa, tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab di Indonesia, terutama di Jawa Timur pada tahun 2021 saja, Kemenag mencatat 4.452 pesantren tersebar di berbagai kabupaten dan kota dengan jumah santri aktif 323.293 santri mukim.

 

sedangkan 241.006 santri kalong (istilah lain santri yang tidak mukim). Jember merupakan Kabupaten di Jawa Timur dengan jumlah pesantren paling banyak, yakni 611 pondok pesantren. Kabupaten Sampang menempati urutan kedua dengan 352 pondok pesantren. Setelahnya ada 262 pondok pesantren di Kabupaten Bojonegoro.

Berikutnya, jumlah pondok pesantren di Kabupaten Kediri dan Pamekasan masing-masing sebanyak 250 dan 218 pondok pesantren. Lalu, ada 189 pondok pesantren di Kabupaten Pasuruan.

Selsin itu, di Kota Madiun memiliki pondok pesantren paling sedikit di Jawa Timur, yakni 8 pondok pesantren. Di atasnya ada Kota Mojokerto dan Kota Probolinggo dengan jumlah masing-masing 11 dan 13 pondok pesantren, yang terbagi pada klasifikasi atas, menengah.

"Padahal dalam kenyataannya terdapat beberapa pesantren dengan klasifikasi kecil. Sebagian belum terdaftar dan mayoritas ada di pedesaan. Klasifikasi inilah yang kami sebut dengan istilah pesantren desa. Di mana kami berhimpun, bergerak dan mengusung ide serta gagasan bersama," ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pilpres 2024 Anies Baswedan AHY Forum Pesantren Desa FPD