Gandeng Ponpes Al-Hidayatul Islamiyah, Lesbumi Kota Malang Lestarikan Ekosistem Lingkungan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

21 September 2024 20:10 21 Sep 2024 20:10

Thumbnail Gandeng Ponpes Al-Hidayatul Islamiyah, Lesbumi Kota Malang Lestarikan Ekosistem Lingkungan Watermark Ketik
Kolaborasi antara Lesbumi Kota Malang dan Pondok Pesantren Al-Hidayatul Islamiyah. (Foto: Panitia Sekarbanjar)

KETIK, MALANG – Lesbumi NU Kota Malang menggandeng Pondok Pesantren Al-Hidayatul Islamiyah dalam Festival Sekarbanjar 2024. Dalam festival yang digelar Sabtu, 21 September 2024 tersebut, dibangun komitmen untuk memperkuat upaya pelestarian lingkungan air.

Kedua lembaga melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon, hingga menebar benih ikan di Kali Amprong. Terlebih sungai tersebut berada di lingkungan pondok pesantren yang ada di Kedungkandang, Kota Malang.

Wakil Sekretaris PCNU Kota Malang, Muhammad Yunus menjelaskan bahwa menjaga lingkungan telah dijamin dalam Undang-Undang Dasar. Selain itu air juga menjadi kebutuhan dasar manusia sehingga menjaga kelestarian lingkungan adalah kewajiban.

“Agar tidak menjadi kufur terhadap pemberian Tuhan, kita harus menjaga dan melestarikan alam agar bumi senantiasa sehat dan lestari,” ujarnya. Terdapat 100 bibit pohon yang ditanam dalam Festival Sekarbanjar. Mulai dari bibit pohon jeruk, nangka, sawo, bambu, palm putri, dan pohon-pohon lainnya.

Tak hanya itu, sebanyak 1.000 benih ikan nila merah juga turut disebar. Konon, ikan nila merah merupakan ikan endemik dari Kali Amprong. "Kami juga melakukan ziarah kubur mulai pukul 06.00 kemarin, di makam KH Malik, Mbah Patok Galih, dan makan KH Abd. Aziz, pendiri Ponpes Al-Hidayatul Islamiyah," tambahnya.

Ketua YPP Al-Hidayatul Islamiyah, Anik Zulaichah turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan untuk Maulid Nabi Muhammad SAW itu dapat bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

"Kagiatan ini kan digelar untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, harapannya bisa memberikan manfaat yang besar pada lingkungan sekitar. Tentunya bisa berdampak luas juga," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ponpes Al-Hidayatul Islamiyah Lesbumi NU Kota Malang Festival Sekarbanjar Menjaga Ekosistem