GP Ansor Cianjur Gagas Pemberdayaan Kader Melalui Agribisnis Perikanan

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Mustopa

15 Januari 2024 08:46 15 Jan 2024 08:46

Thumbnail GP Ansor Cianjur Gagas Pemberdayaan Kader Melalui Agribisnis Perikanan Watermark Ketik
GP Ansor Cianjur menggelar pertemuan dalam menggagas agribisnis perikanan (Foto: Wandi Ruswannur/ketik.co.id)

KETIK, CIANJUR – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Cianjur menggagas pelatihan pengurus dan kader melalui pemberdayaan perikanan. Pertemuan ini dilaksanakan di Jalan Didi Prawirakusumah, Desa Maleber, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

Koordinator Agribisnis GP Ansor Kabupaten Cianjur, Riqbal Abdul Rahmat mengatakan, bahwa dalam pertemuan tersebut terdapat sharing season pemberdayaan kader segmen perikanan jenis ikan hias. 

"Untuk saat ini yang kita kumpulkan baru para ketua kelompoknya dulu," kata Kang Riqbal sapaan akrabnya kepada media online nasional Ketik.co.id melalui pesan Whatsapp, Senin (15/1/2024).

Di tengah kesibukannya, Alumni Pondok Pesantren Nurul Huda Almusri' 1 Cianjur ini menyatakan, hal lain yang dibahas yaitu pelebaran sayap kader GP Ansor di dunia agribisnis, penertiban administrasi menuju legalitas kelompok perikanan serta penguatan, peluang dan prospek perikanan ikan hias untuk ke depannya.

"Kita menggagas agribisnis ini yaitu melakukan komunikasi dan kerjasama dengan intansi terkait, dalam hal ini bersama Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan dan Perikanan (DPKHP) Kabupaten Cianjur," kata Riqbal menambahkan.

Selain itu, alumnus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Serang Banten menerangkan, bahwa melalui Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) Kabupaten Cianjur yang di dalamnya ada GP Ansor sudah melakukan sosialisasi pemberdayaan ekonomi kepada 27 ribu lebih kepala keluarga.

"Kita berharap, kader GP Ansor Cianjur bisa lebih aktif, produktif dan kreatif dalam melebarkan sayap yang lebih luas dari berbagai macam segmen, demi terwujudnya representasi kader yang bermutu dan berdaya saing global, sesuai dengan perkembangan zaman," imbuhnya.

Riqbal menuturkan, bahwa pemberdayaan pengurus dan kader dalam hal agribisnis menjadi penopang kekuatan jalannya organisasi. Pihaknya menyebut, akan ada lagi segmen khusus yang digarap yaitu peternakan, pertanian dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Sehingga perlahan-lahan nantinya organisasi GP Ansor semakin kuat dan digdaya, berdiri di atas kaki sendiri, dan mampu menjadi jalan serta memberikan manfaat untuk pengurus, kader, warga nahdliyyin, dan masyarakat luas," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

GP Ansor Cianjur Pemberdayaan Ekonomi agribisnis perikanan