Gelar TOT, GP Ansor Cianjur Maksimalkan Peran Alumni PKL

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

16 November 2023 14:00 16 Nov 2023 14:00

Thumbnail Gelar TOT, GP Ansor Cianjur Maksimalkan Peran Alumni PKL Watermark Ketik
PC GP Ansor Cianjur sedang menyampaikan materi TOT (Foto: dokumen GP Ansor Cianjur)

KETIK, CIANJUR – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Cianjur menggelar kegiatan Training Of Trainer (TOT) bersama para alumni Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) yang bertempat di Aula Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Musri Pusat, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, pada hari Kamis (16/11/2023). 

Acara tersebut juga dihadiri para alumni PKL di setiap PAC se-Kabupaten Cianjur dan diinisiasi oleh Tim Instruktur PC GP Ansor Kabupaten Cianjur dengan suasana hangat dan penuh kekeluargaan diselingi canda dan tawa.

"Di mana kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menyiapkan kader yang memiliki kapasitas kepemimpinan di semua tingkatan kepengurusan," kata Ketua GP Ansor Kabupaten Cianjur, Ariful Holiq Zaelani melalui pesan tertulis yang diterima media online nasional Ketik.co.id.

Aang Arif sapaan akrabnya menjelaskan dalam sambutannya, bahwa sebagai organisasi kepemudaan yang sudah di cap menjadi kelompok penyeimbang memiliki modal sosial, modal jaringan dan modal untuk memberikan kontribusi yang nyata. 

"Maka sudah selayaknya kegiatan-kegiatan kaderisasi yang dilakukan oleh seluruh PAC tersebut harus terus berkelanjutan jangan sampai ada mati suri kolektivitas," ujar Arif menambahkan dengan detail dan gamblang.

Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Almusri Banu Mansur Bojong Picung, dalam pelatihan ini melibatkan para alumni PKL yang tentunya akan menjadi Co-Instruktur dalam setiap proses pengkaderan dasar ini.

"Dalam hal ini juga, semua para peserta diberikan materi dan praktek mengenai persiapan pelaksanaan kaderisasi formal pertama yaitu Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD)," terangnya menuturkan.

Dalam pemaparan materi TOT disampaikan oleh Instruktur PW GP Ansor Jawa Barat, H. Agus Jaelani, ia menyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini bisa memicu semangat, menambah skill dan wawasan.

"Yang nantinya kemudian bisa dimanfaatkan dalam setiap pengkaderan di tingkat PAC dan Ranting sesuai dengan standarisasi peraturan organisasi dari Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor," imbuh H. Agus.

Hal senada, Khatibul Umam mewakili Tim Instruktur PC GP Ansor Kabupaten Cianjur menambahkan, bahwa paradigma kaderisasi yang dikembangkan oleh GP Ansor ini adalah paradigma transpormatif.

"Yakni paradigma yang berorientasi pada peningkatan kapasitas SDM, perubahan individu, profesionalitas sekaligus penguatan daya nalar kritis dan militansi kader," tandasn1ya menutup pernyataan.(*)

Tombol Google News

Tags:

GP Ansor Cianjur TOT PKL Kader pengurus PAC