Hadiri Orientasi Anggota DPRD Pinrang, Sekdaprov Sulsel Ingatkan Peran Legislatif

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Mustopa

4 Oktober 2024 12:53 4 Okt 2024 12:53

Thumbnail Hadiri Orientasi Anggota DPRD Pinrang, Sekdaprov Sulsel Ingatkan Peran Legislatif Watermark Ketik
Sekdraprov Sulsel, Jufri Rahman saat menjadi narasumber Orientasi Anggota DPRD Pinrang (Foto: Humas Pemprov Sulsel)

KETIK, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sekdaprov Sulsel), Jufri Rahman menghadiri Orienrasi anggota DPRD Kabupaten Pinrang, Kamis, 3 Oktober 2024. Ia juga menutup kegiatan yang berlangsung di Hotel Novotel Makassar tersebut.

Hadir sebagai narasumber, Sekdraprov Sulsel, Jufri Rahman menyinggung tugas dan wewenang anggota DPRD bersama penerintah daerah untuk membentuk peraturan daerah hingga memberikan persetujuan mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Jufri Rahman memaparkan secara rinci hak yang dimiliki anggota DPRD. Mulai dari hak interpelasi, hak angket hingga hak menyatakan pendapat. Para legislator dalam menjalankan tugasnya juga memiliki pokok pikiran (pokir) DPRD.

"Pokok pikiran ini adalah aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk diperjuangkan," jelas Jufri Rahman dalam keterangannya, Jumat, 4 Oktober 2024.

Dikatakan Jufri Rahman, Pokir DPRD merupakan dokumen berisi saran dan pendapat DPRD dalam penyusunan rancangan APBD. Pokir telah diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 178.

Jufri Rahman juga mengingatkan bahwa dalam menjalankan tugasnya anggota DPRD harus memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan mentaati peraturan perundang-undangan.

Selain itu, ada norma yang harus dipatuhi oleh setiap anggota DPRD selama menjalankan tugasnya. Tujuannya untuk menjaga martabat, kehormatan, citra, dan kredibilitas DPRD.

Kepala BPSDM Pemprov Sulsel, M Jufri menegaskan pentingnya anggota DPRD bermitra dengan pemerintah daerah. Ia juga mengakui kehadiran Sekda Sulsel Jufri Rahman memberikan pencerahan kepada legislator dalam menjalankan tugasnya.

"Anggota DPRD itu harus bermitra dengan pemerintah daerah dan kita berharap dengan pengalaman Pak Sekda bisa memberikan pemahaman kepada para anggota dewan sehingga bisa lebih inspiratif dalam mengambil kebijakan ke depan," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Sekdaprov Sulsel Jufri Rahman DPRD Pinrang