Raih Suara Terbanyak, Nasdem Rebut Kursi Ketua DPRD Pinrang

Jurnalis: Akbar AT
Editor: M. Rifat

3 Maret 2024 17:35 3 Mar 2024 17:35

Thumbnail Raih Suara Terbanyak, Nasdem Rebut Kursi Ketua DPRD Pinrang Watermark Ketik
KPU Pinrang melakukan Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu Tingkat Kabupaten (1/3/2024). (Foto: Akbar/Ketik.co.id)

KETIK, PINRANG – Rapat Pleno Rekapitulasi hasil penghitungan suara Tingkat Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan resmi berakhir, Jumat (1/3/2024). KPU Pinrang telah menetapkan hasil rekapitulasi berdasarkan model D hasil tingkat Kecamatan.

Berdasarkan Perhitungan Suara tersebut, posisi pimpinan DPRD Pinrang untuk periode 2024-2029 berpotensi akan berganti dari Partai Demokrat ke Partai Nasdem.

Ini terlihat setelah Partai Nasdem menjadi peraih suara terbanyak dengan perolehan 64.705 suara (11 Kursi) disusul Partai Golkar 35.778  suara (6 Kursi) dan Gerindra 30.154 (6 Kursi).

Ketiga partai ini akan mendapatkan jatah kursi pimpinan DPRD Pinrang. Partai Demokrat yang menjadi pemenang di pemilu 2019 harus terdepak dari kursi ketua DPRD.

Foto Suasana Rekapitulasi Hasil Pemilu Tingkat Kabupaten pinrang di Kantor KPU pinrangSuasana Rekapitulasi Hasil Pemilu Tingkat Kabupaten pinrang di Kantor KPU pinrang. (Foto: Akbar/Ketik.co.id)

Sedangkan Partai Golkar masih bertahan di kursi wakil ketua I DPRD. Sementara Partai Gerindra menggantikan posisi Partai Berkarya sebagai wakil ketua II.

Jika dilihat dari perolehan suara Partai Nasdem dan Gerindra memperoleh kursi yang cukup signifikan jika dibanding pemilu sebelumnya. Nasdem dari empat kursi bertambah menjadi 11 kursi sedangkan Gerindra dari tiga menjadi enam kursi.

Gerindra sendiri mengalami peningkatan kursi. Pada pemilu kali ini dimungkinkan karena sebagian besar Caleg Berkarya beralih ke partai Gerindra karena partai Berkarya tidak lolos sebagai peserta pemilu 2024.(*)

Tags:

pemilu2024 DPRD Pinrang KPU Pinrang Sulawesi Selatan Pileg2024