Hari Senin, Naik Dokar Gratis di Alun-Alun Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

28 Agustus 2023 03:38 28 Agt 2023 03:38

Thumbnail Hari Senin, Naik Dokar Gratis di Alun-Alun Kota Batu Watermark Ketik
Dokar wisata di Alun Alun Kota Batu bersiap mengangkut pengunjung. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pengunjung Alun-alun Kota Batu bisa naik dokar wisata secara gratis pada hari Senin hingga Jumat. Meski bukan hari libur, dokar wisata gratis di Alun-alun Kota Batu banyak diserbu pengunjung. 

Suprapto, salah satu kusir dokar di Alun-alun Kota Batu mengatakan, dokar gratis pada hari Senin hingga Jumat hanya beroperasi dari pukul 08.00 sampai 11.00 WIB. Ada 5 dokar yang akan mengantarkan pengunjung berkeliling alun-alun kota.

"Sekarang ada 26 Dokar wisata di Alun-alun Kota Batu. Kita piket bergantian untuk mengantarkan penumpang. Sehari 5 dokar yang disiapkan," katanya, Senin (28/8/2023).

Menurut Suprapto, dokar wisata gratis merupakan program dari Pemkot Batu sejak kepemimpinan wali kota Edy Rumpoko. Itu artinya, program tersebut sudah berlangsung selama 10 tahun lebih. 

Untuk menikmati dokar gratis, pengunjung harus meminta tiket terlebih dahulu yang bisa didapatkan dari petugas Dinas Pariwisata di Alun-alun Kota Batu. Kemudian, pengunjung dipersilahkan mengantre di sisi selatan Alun-alun Kota Batu.

"Nah saat naik, tiket bisa diberikan ke kusir dokar. Kebanyakan anak TK dan SD yang naik. Mereka rombongan dengan guru," urainya.

Suprapto mengutarakan, banyak siswa TK dan SD naik dokar sebagai bahan edukasi. Di tengah modernisasi transportasi seperti saat ini, mereka ingin merasakan naik dokar yang notabene adalah alat transportasi tradisional. 

Dokar wisata ini membawa pengunjung keliling Alun-alun Kota Batu. Mulai dari Jalan Sudiro kemudian belok kiri ke jalan Kapten Ibnu, dari Jalan kapten Ibnu kemudian belok kiri ke jalan Diponegoro dan berakhir di alun-alun kota lagi.

"Dalam sehari 100 tiket kadang ramai ditambah 2 gendel. Satu gendel berisi 100 tiket. Kalau kusirnya gajian Rp 1 juta per bulan," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Dokar wisata