Heru Budi Masih Tunggu Arahan Kemendikbud Soal Sekolah Swasta Gratis di Jakarta

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

2 Agustus 2024 11:32 2 Agt 2024 11:32

Thumbnail Heru Budi Masih Tunggu Arahan Kemendikbud Soal Sekolah Swasta Gratis di Jakarta Watermark Ketik
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (Foto: Sekretariat Negara)

KETIK, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mengkaji kebijakan sekolah swasta gratis. Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Budi Awaluddin berharap sekolah gratis bisa diterapkan mulai 2025.

Menanggapi hal itu, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap sekolah swasta.

"Ini sedang kita bahas, tentunya tidak sekolah swasta yang mapan, kita akan mengendalikan masyarakat kurang mampu untuk mereka mendapatkan sekolah gratis," kata Heru dikutip dari Suara.com jaringan Ketik.co.id pada Jumat (2/8/2024).

"Nah yang swasta ini sedang kita data dengan dinas pendidikan, kita minta rekomendasi dari Kementerian Pendidikan mana yang kita berikan gratis," tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak menemukan banyaknya siswa dari keluarga kurang mampu di Jakarta yang masuk sekolah swasta.

Para siswa tersebut diduga tidak diterima dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah negeri.

"Mereka paling banyak sekolah di swasta, karena belum begitu paham dengan program DKI Jakarta, banyak dari mereka gagal masuk sekolah negeri," kata Johnny.

Sebaliknya, kata Johnny, sejumlah sekolah negeri favorit di Jakarta justru diisi anak-anak dari keluarga mampu. Melihat fenomena tersebut, Jhonny meminta Dinas Pendidikan mengkaji wacana sekolah swasta gratis di Jakarta.

"Kami sudah sampaikan kepada Dinas Pendidikan supaya secepatnya melakukan kajian akademiknya agar (wacana sekolah swasta gratis) bisa terlaksana. Tapi secara prinsip, eksekutif sudah setuju," imbuhnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Heru Budi PJ Gubernur DKI sekolah swasta gratis di jakarta DPRD DKI Jakarta