HUT ke-62 Pramuka, Arum Sabil Ajak Pandu se Jatim Kuatkan Persaudaraan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Moana

14 Agustus 2023 03:03 14 Agt 2023 03:03

Thumbnail HUT ke-62 Pramuka, Arum Sabil Ajak Pandu se Jatim Kuatkan Persaudaraan Watermark Ketik
Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil saat menyampaikan amanah dan sambutan dalam Upacara HUT ke-62 Pramuka di Gedung Negara Grahadi, Senin (14/8/2023).(Shinta Miranda Sari/KETIK)

KETIK, SURABAYA – Tanggal 14 Agustus 2023 merupakan puncak peringatan HUT ke-62 Pramuka. Kwarda Pramuka Jatim merayakan penuh makna. 

Puncak upacara peringatan HUT Pramuka berlangsung di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (14/8/2023). 

Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil berpesan agar para pandu tetap menjaga persatuan dan kesatuan, tidak terpecah belah dan tetap menjunjung persaudaraan sebagaimana tema HUT ke-62 Pramuka. 

"Mari kita mengelola Gerakan Pramuka dengan semangat persatuan dan persaudaraan yang telah kita lakukan selama ini," kata Arum Sabil. 

Ia juga memaparkan sejarah perjalanan berdirinya organisasi Kepanduan di Indonesia. Dimulai pada 9 maret 1961, para pemimpin organisasi Kepanduan di indonesia dikumpulkan di Istana Merdeka oleh Presiden Soekarno untuk mendengarkan amanat presiden terkait Ketetapan MPRS. 

Dalam pidatonya, Presiden Soekarno meleburkan semua Kepanduan Indonesia ke dalam satu organisasi baru yang diberi nama Gerakan Pramuka.
 
Arum Sabil mengatakan, sejak 62 tahun lalu Pramuka tidak lagi terpecah-pecah, tidak lagi terpisah dan tidak lagi bergolong-golongan dalam banyak kepanduan, melainkan menyatu dalam satu wadah yang disebut Gerakan Pramuka.

"Dengan semangat membina, bukan membinasakan, menguatkan bukan melemahkan, memuliakan bukan merendahkan, mempersatukan bukan memisah- misahkan, menyatukan bukan mengucilkan. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan," ungkapnya saat memberi sambutan. 
 
Peringatan Hari Pramuka ini disebut sekaligus wujud dari rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal Gerakan Pramuka tersebut. 

Untuk itu, Arum berpesan kepada seluruh Pengurus Gerakan Pramuka di berbagai tingkatan agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, dan tidak terpecah belah.

"Karena Gerakan Pramuka adalah wadah mempererat persaudaraan (brotherhood)," tambahnya. 
 
"Maka, di manapun berada, Pramuka adalah saudara sesama pramuka, saudara sebangsa dan se-Tanah Air, dan kita adalah saudara dalam kepanduan sedunia," sambung Arum Sabil. 

Ini tentu sejalan dengan semangat peringatan HUT ke-62 Pramuka Tahun 2023 dengan tema "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional".

"Mari kita bersikap profesional dan proporsional dalam mengelola Gerakan Pramuka, dengan semangat persaudaraan,
demi keutuhan dan persatuan Negara Indonesia yang kita cintai ini," ajaknya. 

Rangkaian HUT ke-62 Pramuka sendiri telah dimulai sejak 1 Agustus hingga 13 Agustus 2023. 

Kwarda Jatim dan Kwarcab memasang Bendera Merah Putih, Bendera Wosm dan Bendera Tunas, ziarah ke makam pahlawan beserta tokoh Pramuka, donor darah menggandeng PMI, ulang janji dan renungan suci serta Apel Peringatan HUT ke-62 Pramuka di Grahadi. 

Pramuka Jatim terus mengabdi tanpa batas dengan bimbingan Khofifah selaku Kamabida Jatim. 

"Selama ini Pramuka Jatim terus mengabdi tanpa batas, walaupun dengan segala keterbatasan. Namun berkat bimbingan, bantuan, dan support dari Bunda Khofifah Indar Parawansa selaku Kakak Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur. Kwarda Pramuka Jawa Timur terus aktif, produktif, dalam kegiatan-kegiatan yang positif," ucapnya. 

Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil tak lupa menghaturkan terima kasih kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Karena Kamabida Jatim tersebut melewatkan semua agenda agar dapat melaksanakan upacara peringatan HUT ke-62 Pramuka di Gedung Negara Grahadi Surabaya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Pramuka Pramuka Jatim HUT Pramuka Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil