Idul Adha, FSPPB Salurkan 15 Hewan Kurban ke Sejumlah Daerah

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: Naufal Ardiansyah

29 Juni 2023 10:37 29 Jun 2023 10:37

Thumbnail Idul Adha, FSPPB Salurkan 15 Hewan Kurban ke Sejumlah Daerah Watermark Ketik
Penyerahan hewan kurban dari FSPPB kepada pihak yayasan. (Foto: Dok. FSPPB for Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menyalurkan 15 hewan kurban ke beberapa daerah di Momen Hari Raya Idul Adha 1444 H / 2023 M. Kegiatan ini merupakan aktivitas rutin tahunan bagi FSPPB.

Tahun ini, ada 15 hewan kurban yang disalurkan, yakni empat ekor sapi dan 11 ekor kambing. Hewan kurban tersebut dibagikan ke sejumlah yayasan di Jakarta, Jember, Cianjur, Madiun, Probolinggo dan Tuban pada Rabu dan Kamis ini (28-29/6/2023).

Dari sejumlah bantuan hewan Qurban itu disalurkan di tiga yayasan di Tuban, di antaranya satu ekor sapi diserahterimakan di yayasan Masjid Asmoro Qondi Kecamatan Palang Tuban serta tiga ekor kambing disalurkan ke Ponpes Bani Rancang- Probolinggo.

Berikutnya sejumlah tiga ekor kambing juga diserahkan ke Yayasan Mansyaul Huda (Ponpes Mansyaul Huda) dan ke Yayasan pondok pesantren Alhidayah sebanyak tiga ekor kambing.

Tidak hanya itu, bantuan hewan Qurban juga disalurkan kepada warga korban gempa Cianjur-Jawa Barat sebagai bantuan solidaritas paska gempa berupa satu ekor sapi. Adapula Yayasan Pondok Pesantren Ash-Shidiqi di Jember yang menerima hewan Qurban berupa 1 ekor sapi.

Berikutnya, Pondok pesantren Langgar Candi-Madiun juga menerima manfaat program FSPPB Berqurban berupa satu ekor kambing. Adapun Pondok Pesantren Alfitriyah Salafiyah yang berlokasi di Jember mendapatkan satu ekor kambing untuk Qurban.

Foto Penyerahan hewan kurban dari FSPPB kepada pihak yayasan.Penyerahan hewan kurban dari FSPPB kepada pihak yayasan.

Presiden FSPPB Arie Gumilar mengatakan, penyaluran hewan kurban dalam program yang diinisiasi FSPPB itu juga ditujukan kepada Solidaritas Pensiunan Karyawan Pertamina (eSPeKaPe) di Jakarta berupa satu ekor sapi.

"Ini untuk menumbuhkan rasa saling peduli dan berbagi kepada masyarakat yang berada di pondok pesantren maupun yang membutuhkan demi memperkokoh jalinan silaturahmi dan ukuwah wathoniyah dengan masyarakat," kata Arie dalam keterangan tertulis, Kamis (29/6/2023).

Ia menyampaikan bahwa program FSPPB Berkurban tahun ini mengambil tema “Investasi Berkurban dalam Rangka Istiqomah Perjuangan”. Sebagaimana diketahui bersama bahwa organisasi FSPPB yang menaungi sebanyak 25 Serikat Pekerja di seluruh wilayah kerja PT Pertamina (Persero) sejak awal tahun 2000 hingga saat ini dikenal akan perjuangannya menjaga kedaulatan dan kemandirian energi nasional.

"Istiqomah dalam berjuang sangatlah diperlukan oleh para aktivis Serikat Pekerja Pertamina. Oleh karenanya pada momentum hari raya idul adha yang mulia ini semoga keikhlasan dan ketakwaan keluarga Nabi Ibrahim alaihissalam senantiasa menjadi inspirasi dan teladan kita semua dalam istiqomah berjuang bersama menggapai rida-Nya," bebernya.

FSPPB rutin menyalurkan hewan kurban. Tahun 2022 kemarin, pihaknya menyasar penerima kurban yang berada di lokasi terpencil, ujung negeri maupun wilayah perbatasan negara.

Tercatat penyaluran bantuan hewan qurban sebanyak 10 ekor sapi dan 8 ekor kambing, dimana dalam penyalurannya sampai ke Timur yakni NTT dan NTB. (*)

Tombol Google News

Tags:

FSPPB Idul adha Hewan kurban