Ini 10 Caleg Peraih Suara Tertinggi Se-Indonesia, Ibas Nomor 1

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

23 Februari 2024 13:43 23 Feb 2024 13:43

Thumbnail Ini 10 Caleg Peraih Suara Tertinggi Se-Indonesia, Ibas Nomor 1 Watermark Ketik
Ilustrasi Pemilu 2024. (Foto: Dok Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Proses rekapitulasi atau penghitungan suara terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga tanggal 20 Maret 2024 mendatang. Salah satunya proses penghitungan suara untuk calon legislatif DPR RI.

Berdasarkan hasil sementara Sirekap KPU, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas yang merupakan kader Partai Demokrat memegang posisi tertinggi sementara se-Indonesia.

Anak kedua dari Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini berhasil meraup sebanyak 249.345 suara di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VII yang meliputi wilayah Pacitan, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek dan Magetan.

Perolehan tersebut berdasarkan data Sirekap KPU dengan data masuk mencapai 81,06 persen. Angka tersebut bisa berubah sewaktu-waktu karena proses penghitungan masih berlangsung.

Foto Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istri. (Foto: Instagram @ibasyudhoyono)Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istri. (Foto: Instagram @ibasyudhoyono)

Di posisi kedua diduduki politisi dari PDIP Puan Maharani yang berhasil mengumpulkan 186.033 dari Dapil Jawa Tengah 5 yang meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

Disusul Faisol Reza dari PKB di posisi ketiga dengan 162.574 suara yang berada di wilayah dapil Jatim II untuk wilayah Pasuruan dan Probolinggo. Faisol merupakan incumbent yang diprediksi langkahnya akan mulus untuk menduduki kursi di Senayan.

Kemudian ada nama Hilarry Brigitta Lasut di posisi ke empat dari Partai Demokrat yang berhasil mendapatkan dukungan sebanyak 155.485 suara di dapil Sulawesi Utara.

Di tempat kelima ada Ketua Umum Golkar Jatim M Sarmuji dengan perolehan sebanyak 143.684 suara. Sarmuji sendiri bersaing di Dapil Dapil Jatim VI (Blitar, Kediri, Tulungagung).

Haeny Relawati dari Partai Golkar berada di posisi keenam dengan 143.087 suara. Haeny sendiri bersaing di Dapil Jatim IX yang meliputi Tuban dan Bojonegoro.

Selanjutnya terdapat nama Politikus PDIP Pulung Agustanto yang berhasil meraup 135.848 di Dapil Jatim VI.

Lalu politikus PDIP Herviano Widyatama di tempat kedelapan dengan perolehan 126.440 suara untuk Dapil Jawa Tengah I yang mencakup Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kota Salatiga.

Di tempat kesembilan terdapat wajah baru di kancah perpolitikan tanah air yakni Ade Ginanjar dari Partai Golkar yang berhasil meraup 125.162 untuk Dapil Jabar XI yang meliputi wilayah Kabupaten Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

Sementara di posisi kesepuluh kembali dari Partai Golkar yakni Yusron Wahid yang meraih 124.953 suara dari Dapil Jateng II yang meliputi Kabupaten Demak, Jepara dan Kudus.(*)

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 pilpres2024 Caleg DPR RI Perolehan suara KPU