KPU Palembang 'Kulu-Kilir' Pastikan Keaslian Ijazah Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Mustopa

9 September 2024 20:45 9 Sep 2024 20:45

Thumbnail KPU Palembang 'Kulu-Kilir' Pastikan Keaslian Ijazah Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Watermark Ketik
Kantor KPU Kota Palembang. (Foto: Wisnu Akbar Prabowo/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang tengah melakukan verifikasi keaslian ijazah yang dimiliki para bakal pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang yang sudah mendaftarkan diri pekan lalu.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPU Palembang Divisi Teknis Penyelenggaraan, Sri Maryati. Ia menjelaskan bahwa saat ini mereka sedang mengecek langsung ijazah para paslon di sekolahnya masing-masing. 

Sri mengatakan, pihaknya kini tengah ‘kulu-kilir’ alias wara-wiri ke luar daerah untuk mengecek ijazah di sekolah yang pernah diduduki para paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang.

"Hari ini Pak Pohan sama Pak Arman didampingi Bawaslu lagi klarifikasi keabsahan ijazah di SMA 1 Jambi punya Ibu Nandriani. Besok Insyaallah klarifikasi ke SMA Taruna Magelang atas nama Pak Yudha Pratomo Mahyuddin " terang Sri, Senin 9 September 2024.

Sri menambahkan, seluruh ijazah dari tingkat SMA sampai S3 semuanya akan diklarifikasi di lembaga pendidikannya masing-masing.

Akan tetapi, khusus ijazah S2 dan S3 dari luar negeri, KPU Palembang akan bekerjasama dengan Dikti Jakarta untuk melakukan verifikasi berkas.

"Pastinya selain ijazah SMA, ijazah S1, S2 dan S3 juga, khusus untuk ijazah S2 dan S3 luar negeri pak Yudha klarifikasinya di Dikti Jakarta," kata dia.

Sejauh ini, berkas ijazah milik Ratu Dewa, Fitrianti Agustinda, Baharuddin, serta Prima Salam sudah dinyatakan selesai dan benar.

Kini, pihaknya tinggal menunggu hasil verifikasi berkas ijazah milik Nandriani Octarina dan Yudha Pratomo Mahyuddin sebelum lanjut ke tahap selanjutnya.

Menurut Sri, setelah verifikasi faktual lengkap dan memenuhi syarat, KPU akan penetapan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang pada 22 September 2024.

"Alur tahapannya, penetapan pasangan calon dilakukan pada 22 September dengan pleno tertutup, dan diumumkan di media sosial dan media massa yang memenuhi syarat, dan pada 23 September dilakukan pengundian nomor urut," jelasnya. 

Sekadar informasi, pada saat masa pendaftaran peserta Pilkada Palembang 2024, KPU telah menerima pendaftaran sebanyak 3 paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang.

Ketiganya yaitu paslon Yudha Pratomo Mahyuddin-Baharuddin (Yudha-Bahar) yang diusung partai Demokrat dan PKS. Yudha-Bahar menjadi pendaftar pertama di hari perdana pembukaan pendaftaran peserta Pilkada.

Selanjutnya, paslon Fitrianti Agustinda-Nandriani Octarina (Fitri-Nandri) yang dikenal sebagai Duo Srikandi mendaftar pada hari kedua dengan diusung Partai NasDem, PAN, PKB dan Perindo.

Paslon terakhir, yakni Ratu Dewa-Prima Salam (RDPS) turut serta mendaftar di KPU Palembang dengan diusung Partai Gerindra, Golkar, PDIP dan 10 partai non Parlemen di DPRD Palembang.(*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Palembang wara-wiri kulu kilir ijazah calon Pasangan Wali Kota wakil walikota yudha bahar Ratu Dewa rdps nandriani fitrianti finda