Ini 5 Cara Mempersiapkan Anak Kembali Sekolah setelah Libur Lebaran

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

25 April 2023 21:00 25 Apr 2023 21:00

Thumbnail Ini 5 Cara Mempersiapkan Anak Kembali Sekolah setelah Libur Lebaran Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Setelah libur panjang lebaran dan kembali bersekolah ada sebagian anak anak yang tidak sabar bertemu dengan teman-teman. Namun ada juga yang kurang bersemangat kembali belajar di sekolah.

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar anak kembali bersemangat di hari pertamanya kembali ke sekolah:

1. Ceritakan keseruan belajar di sekolah

Saat sedang liburan anak anak yang cenderung sudah terbiasa bersantai, bermalas-malasan atau bermain game. Itu membuat anak kurang bersemangat saat kembali harus belajar dan melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sekolah. Oleh sebab itu agar anak kembali bersemangat, ajaklah anak untuk mengingat keseruan yang akan ia dapat di sekolah nanti. Mulai dari asyiknya bertemu teman-teman lagi, mata pelajaran yang disukai, bertemu ibu guru dan semua hal yang menyenangkan agar mereka kembali bersemangat sekolah.

2. Persiapkan Kebutuhan sekolah bersama

Dalam mempersiapkan kebutuhan sekolah tidak ada salahnya melibatkan si kecil. Hal ini agar si kecil dapat memilih peralatan sekolah sesuai dengan seleranya sehingga dia akan lebih bersemangat.

3. Sesuaikan kembali rutinitas 

Saat berlibur si kecil banyak memiliki waktu luang seperti jam tidur yang panjang dan waktu bermain yang lebih lama. Namun tentu saja rutinitas itu perlu di ubah menjelang masuk sekolah. Anda perlu mengatur ulang rutinitas anak untuk kembali membiasakan dirinya. Misalnya, kurangi jam bermainnya dan memintanya untuk tidak tidur larut malam. 

4. Memastikan kesehatannya

Saat memasuki hari pertama sekolahnya pastikan kondisi anak dalam keadaan sehat. Jangan sampai si kecil sakit yang membuatnya harus absen. Oleh sebab itu orang tua perlu memberikan nutrisi dan makanan yang bergizi agar anak sehat dan bisa belajar di sekolah.

5. Siapkan sarapan kesukaannya

Sarapan merupakan bagian penting untuk memulai hari si kecil sebelum berangkat ke sekolah. Jangan sampai anak masuk sekolah dalam keadaan lapar yang nantinya akan membuatnya lemas. Oleh sebab itu sebagai orang tua kota harus menyiapkan sarapan kesukaan si kecil yang selain enak tetapi juga menyehatkan.(*)

Tombol Google News

Tags:

sekolah belajar persiapan Libur lebaran Anak anak orang tua