12.440 Peserta SOTH Diwisuda, Eri Cahyadi Singgung Peran Orang Tua dalam Kesuksesan Anak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

4 September 2024 04:35 4 Sep 2024 04:35

Thumbnail 12.440 Peserta SOTH Diwisuda, Eri Cahyadi Singgung Peran Orang Tua dalam Kesuksesan Anak Watermark Ketik
Prosesi wisuda peeerta SOTH di Balai Kota Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 12.440 peserta Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) mengikuti wisuda yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di halaman Balai Kota Surabaya, Selasa, 3 September 2024.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta istri Rini Indriyani turut hadir untuk melakukan prosesi wisuda kepada para lulusan SOTH. 

Eri mengatakan perjalanan menuju kesuksesan sangatlah berliku dan panjang. Peran serta orang tua sangat besar dalam mengantarkan putra-putrinya menggapai cita-cita agar bisa menaikkan derajat keluarga.

"Karena orang tua memiliki peran besar untuk membuat anak-anaknya kelak menjadi pemimpin, baik itu pemimpin Kota Surabaya bahkan Indonesia," kata Eri Cahyadi, Selasa 3 September 2024.

Dalam mendidik anak, peran ayah dan ibu saling melengkapi. Pendidikan anak tidak bisa dibebankan kepada ibu saja, tetapi ayah juga harus bekerja sama agar anak tumbuh secara maksimal.

Karena itu, program SOTH ini dicanangkan sebagai upaya dalam membangun SDM Surabaya yang berkualitas khususnya dari lingkungan keluarga. Dengan SDM yang mumpuni akan menjadi modal untuk memajukan Kota Surabaya.

"Kalau keluarga bahagia maka kota juga akan bahagia. Kemajuan itu berawal dari kebahagian keluarga," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Pengerak TP PKK Rini Indriyani menuturkan sebelum dinyatakan lulus para peserta SOTH ini telah menjalani pendidikan sebanyak 13 materi mengenai perencanaan dalam keluarga, serta harapan orang tua terhadap masa depan anak.

Kemudian ada pula materi perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini, kesehatan dan gizi, serta pembentukan karakter anak.

"Yang sekolah bukan hanya ibunya tapi juga ayahnya. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat untuk mendidik anak-anak kita semua," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

SOTH orang tua Pendidikan Karakter Mendidik Anak ibu Ayah Eri Cahyadi