Irjen Pol Djoko Poerwanto Lolos 10 Besar Capim KPK, Berikut Profilnya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

1 Oktober 2024 17:30 1 Okt 2024 17:30

Thumbnail Irjen Pol Djoko Poerwanto Lolos 10 Besar Capim KPK, Berikut Profilnya Watermark Ketik
Potret Irjen Pol Djoko Poerwanto. (Foto: Instagram @ditlantaspoldantb)

KETIK, JAKARTA – Irjen Pol Djoko Poerwanto berhasil lolos sebagai salah satu Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk periode 2024-2029.

Ia merupakan satu dari 20 kandidat yang berhasil melalui tahap profile assessment pada September 2024.

Dengan latar belakang sebagai Kapolda Kalimantan Tengah, Djoko dikenal memiliki rekam jejak yang baik dalam penegakan hukum, terutama di bidang korupsi.

Proses seleksi ini telah mendekatkannya pada tahap akhir untuk menduduki posisi pimpinan di KPK.

Berikut 10 nama Capim KPK
1. Agus Joko Pramono
2. Ahmad Alamsyah Saragih
3. Djoko Poerwanto
4. Fitroh Rohcahyanto
5. Ibnu Basuki Widodo
6. Ida Budhiati
7. Johanis Tanak
8. Michael Rolandi Cesnanta Brata
9. Poengky Indarti
10. Setyo Budiyanto

Profil Djoko Poerwanto

Djoko Poerwanto adalah seorang perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Tengah, posisi yang ia emban sejak 14 Oktober 2023.

Lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, pada 7 November 1967, ia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989 dan berpengalaman dalam bidang reserse.

Sebelum menjabat di Kalimantan Tengah, Djoko juga pernah bertugas sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat dari tahun 2021 hingga 2023.

Djoko Poerwanto dikenal sebagai salah satu kapolda dengan jumlah kekayaan yang relatif kecil dibandingkan rekan-rekannya.

Berdasarkan laporan harta kekayaan tahun 2021, total hartanya sekitar Rp377 juta, yang membuatnya dijuluki sebagai "Kapolda termiskin".

Selain itu, Djoko memiliki rekam jejak yang kuat dalam menangani kasus-kasus korupsi selama bertugas di Bareskrim Polri, termasuk dalam penangkapan mantan Dirut PLN dan pengungkapan kasus korupsi di PT Jakarta Infrastruktur Propertindo.

Selain itu, Djoko sebenarnya bukan wajah baru di KPK. Saat masih menjadi perwira menengah (pamen), Djoko sempat bertugas di KPK. 

Djoko menduduki sejumlah posisi di KPK saat masih berpangkat AKBP, sebelum akhirnya ditarik kembali ke Mabes Polri pada tahun 2019. Saat itu, ia mendapat kenaikan pangkat menjadi kombes dengan jabatan Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Mabes Polri. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Irjen Pol Djoko Poerwanto capim KPK Komisi Pemberantasan Korupsi profil Djoko Poerwanto