Israel Memanas, Puluhan Ribu Warga Demo 

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Rudi

23 April 2023 20:56 23 Apr 2023 20:56

Thumbnail Israel Memanas, Puluhan Ribu Warga Demo  Watermark Ketik
Ilustrasi demo Israel . ,(Foto: istockphoto)

KETIK, JAKARTA Puluhan ribu warga Israel bergabung dalam protes yang dilakukan  Sabtu, (22/4/2023) waktu setempat untuk menentang rencana Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk memperketat kontrol peraturan Mahkamah Agung, menjelang hari kemerdekaan Israel. 

Pada Minggu, (23/4/2023), diketahui, hari kemerdekaan Israel jatuh pada 25 April. Hari kemerdekaan ini menandai 75 tahun sejak berdirinya negara Yahudi.

Rencana tersebut dihentikan sementara bulan lalu karena gelombang pemogokan dan demonstrasi massal.

Protes terbaru datang ketika orang Israel akan menandai hari kemerdekaan mereka, di mana sekaligus memperingati mereka yang tewas dalam perang Israel dan serangan teror.

"Ayah saya terbunuh dalam Perang Yom Kippur," ucap fotografer berusia 53 tahun Miri Pinchuk.

 "Dia memberikan hidupnya untuk negara ini, karena dia juga dibesarkan dengan keyakinan bahwa negara ini akan menjadi negara demokrasi."

Diketahui, peraturan pengadilan terbaru ini ditakutkan dapat menimbulkan krisis domestik terbesar dalam sejarah Israel baru-baru ini.

Dari sisi pemerintah, mereka menuduh hakim dari golongan aktivis semakin merebut peran parlemen, dan mengatakan perombakan diperlukan untuk memulihkan keseimbangan antara peradilan dan politisi terpilih.

Para kritikus mengatakan hal ini akan menghilangkan keberimbangan pemeriksaan yang menopang negara demokratis dan menyerahkan kekuasaan yang tak terkendali kepada pemerintah.

"Ada kalimat dari Alkitab, dari ratapan Daud, yang mengatakan 'Bagaimana pahlawan jatuh'. Dan sebenarnya, pertanyaannya sekarang berubah menjadi bukannya 'Bagaimana pahlawan jatuh?' , tapi jadi 'Untuk apa?'," ujar pengacara berusia 63 tahun David Gilat kepada Reuters.

Sebuah jajak pendapat yang dirilis oleh penyiar publik Israel pada hari Jumat menemukan bahwa rencana tersebut sangat tidak didukung masyarakat, 53% responden mengatakan mereka yakin rencana tersebut akan merugikan negara.

Selain itu, 60% penduduk Israel mengatakan pemerintah tidak mewakili mereka dan 48% percaya situasi di negara itu akan terus memburuk.

Di Tel Aviv tengah, selama 16 minggu berturut-turut, massa berkumpul menentang rencana itu sebagai ancaman eksistensial terhadap demokrasi Israel. Mereka mengibarkan bendera biru-putih Israel yang telah menjadi ciri khas protes selama tiga bulan terakhir. (*)

Tombol Google News

Tags:

Israel Demo Benyamin Netayahu