Jadi Acuan Jarak Wilayah Lain di Pulau Sulawesi, Inilah Zero Point Kota Manado

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

11 Februari 2024 00:15 11 Feb 2024 00:15

Thumbnail Jadi Acuan Jarak Wilayah Lain di Pulau Sulawesi, Inilah Zero Point Kota Manado Watermark Ketik
Monumen Zero Point Manado. (Foto:Pemkot Manado)

KETIK, MANADO – Bagi anda yang mengunjungi kota Manado, jangan lupa untuk mampir ke Zero Point (titik nol kilometer) yang menjadi ikon Kota Mando. Bagi wisatawan dari luar Kota Manado pasti bertanya-tanya dimana letak Zero Point Kota Manado.

Zero Point adalah sebuah tugu atau monumen yang lokasinya sangat strategis karena terletak di pusat Kota Manado. Tepatnya berada di perempatan jalan Sam Ratulangi yang ramai dilalui banyak kendaraan. Lokasinya di kelilingi eks gedung Minahasa Raad, Bank Sulut dan gedung Joeang 45 Manado.

Jika ingin menikmati monumen ini dengan lebih leluasa, ada baiknya anda datang pada pagi hari. Saat itu lalu lintas kendaraan tidak begitu padat. Hal ini karena Zero Point berada di pusat keramaian. Jika sudah menjelang siang maka kondisi di sekitar monumen akan sangat ramai.

Monumen Zero Point sendiri memiliki desain bagian atas berbentuk globe, bentuk tersebut menandakan posisi nol kilometer. Selain sebagai penanda posisi nol kilometer monumen ini juga memiliki fungsi acuan pengukuran jarak ke beberapa lokasi atau tempat di kota Manado, ke kabupaten/kota di Sulawesi Utara, atau ke seluruh daerah di pulau Sulawesi.

Bola yang berbentuk globe terletak di bagian atas monumen. Terbuat dari baja tahan karat. Bagian dasarnya terbuat dari beton yang dihiasi keramik. Selesai dibangun pada akhir tahun 2008.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata Zero Point acuan jarak penanda titik nol Globe