Jadi Wakil Ketua DPRD Jatim, Ini Sosok Deni Wicaksono

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

12 Oktober 2024 19:10 12 Okt 2024 19:10

Thumbnail Jadi Wakil Ketua DPRD Jatim, Ini Sosok Deni Wicaksono Watermark Ketik
Sosok politisi PDIP Deni Wicaksono. (Foto: Intagram @deni_Wicaksono)

KETIK, SURABAYA – Politisi muda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Deni Wicaksono di percaya menjadi Wakil Ketua DPRD Jawa Timur periode 2024-2029. Sosok Deni dikenal sejak kuliah sebagai aktivis yang vokal memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Mohon doanya, semoga tugas ini bisa kami jalankan secara optimal untuk kepentingan masyarakat luas," ujar Deni, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Pria yang lahir di Gresik pada 18 Juli 1981 ini mengaku berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya lulusan SMP dan pensiun sebagai PNS pangkat rendah. Ibunya hanya bersekolah hingga kelas tiga Sekolah Rakyat.

"Bapak dan Ibu mengajarkan arti kerja keras ke anak-anaknya. Beliau mungkin berpendidikan rendah, tapi ingin anaknya bersekolah setinggi mungkin," terang Deni.

Menghabiskan masa kecil di kota kelahirannya (TK, SD dan SMP), Deni kemudian melanjutkan pendidikan tingkat SMA di SMAN 9 Surabaya.

"Saat SMA, saya menumpang Bus antar jemput milik PT. Petrokimia atau naik angkutan kota Surabaya-Gresik setiap hari," ujar Deni.

Setelah lulus dari SMA, Deni diterima di kampus negeri impiannya, yaitu Universitas Airlangga (Unair). Dan berkuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Ia bertekad untuk kuliah di kampus negeri agar orang tuanya tidak berat menanggung biaya kuliahnya.

Selama menempuh pendidikan di Unair, Deni kenyang pengalaman sebagai aktivis yang mengadvokasi berbagai persoalan masyarakat. Ia bergabung di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Deni juga dipercaya menjadi Presiden BEM FISIP Unair dan Ketua Presidium BEM Unair 2004-2005.

Keterbatasan tetap menghantui Deni selama kuliah. Bahkan, ia harus rela diusir oleh ibu kos karena tak mampu lagi membayar uang sewa.

"Saya diusir dari tempat kos karena tidak mampu bayar uang sewa. Akhirnya saya bawa baju dan buku-buku ke Komisariat GMNI dan kadang tidur sekretariat BEM, namanya Student Center FISIP UNAIR. Saya menumpang tidur di sana" ujar Deni.

Meski menghadapi situasi getir, Deni tak minder dan tak mau menyerah. Justru dari peristiwa diusir tersebut, dia bertekad untuk terus berjuang dan belajar dengan baik.

"Saya menjadikan masa-masa kuliah sebagai sarana menggodok diri dengan terus terjun mengadvokasi warga. Saya dari keluarga wong cilik, dan ilmu yang saya dapatkan semasa kuliah juga harus digunakan untuk membantu wong cilik," tutur Deni yang juga ketua Persatuan Alumni GMNI Jatim.

Di sela-sela bergerak sebagai mahasiswa dan aktivis, Deni tetaplah anak muda pada umumnya yang menggeluti hobi tertentu. Ia gemar bermain sepak bola dan ikut berlaga sebagai penjaga gawang tim FISIP Unair yang sukses meraih juara Piala Rektor Cup Unair.

Deni rupanya masih menyimpan foto kenangan saat menjadi kiper dan meraih juara Piala Rektor Cup. Memakai pakaian khas penjaga gawang, terlihat ia memamerkan piala yang berhasil dimenangkannya. "Ya kira-kira mainnya seperti Martin Paes dan Ernando Ari lah," kata Deni.

Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi, Deni kemudian berkiprah pada sejumlah posisi publik. Di antaranya sebagai komisioner Komisi Pelayanan Publik Jatim 2012-2016 dan Ketua Komisi Pelayanan Publik Jatim 2014-2015. Pada pemilihan Umum 2019 dan 2024 menempatkannya sebagai wakil rakyat di DPRD Jatim, hingga dia resmi dipercaya sebagai wakil ketua DPRD Jatim 2024-2029.

Sikap kritis terus disuarakan ketika sudah menjadi anggota DPRD Jatim, bahkan sering kali berseberangan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Sampai sekarang pun, ketika saya sudah ada di dalam sistem, saya tetap menyuarakan aspirasi masyarakat, berpihak kepada kepentingan masyarakat serta kepada kelompok-kelompok yang selama ini suaranya mungkin diabaikan," jelas Deni. (*)

Tombol Google News

Tags:

profil DPRD Jatim Wakil Ketua DPRD Jatim PDIP pdi perjuangan