Jaga Ketahanan Pangan, Pj Wali Kota Batu Panen Bawang dan Ikan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

15 September 2023 10:29 15 Sep 2023 10:29

Thumbnail Jaga Ketahanan Pangan, Pj Wali Kota Batu Panen Bawang dan Ikan Watermark Ketik
Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai melakukan panen ikan nila di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Jumat (15/9/2023). (Foto: Pemkot Batu)

KETIK, BATU – Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai melakukan panen bawang merah varietas Batu Ijo di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Jumat (15/9/2023).

Kegiatan yang dirangkai dengan panen ikan nila tersebut sebagai bagian dari program Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), untuk menjaga ketahanan pangan dan mencegah inflasi di Kota Batu.

"Kegiatan ini merupakan ikhtiar untuk mendukung agar produksi komoditas yang diperlukan di Kota Batu, dalam hal ini bawang merah, bisa lebih tinggi lagi," jelas Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

Menurutnya, Kementerian Pertanian RI telah menyediakan sarana dan prasarana, seperti alat dan mesin pertanian untuk menjaga ketahanan pangan. Petani budidaya bawang merah varietas Batu Ijo telah mendapatkan bantuan cultivator sebanyak 44 unit dan sprayer sebanyak 240 unit.

"Selain budidaya bawang merah, program ini juga mencakup budidaya ikan nila dengan tujuan meningkatkan gizi masyarakat," tambahnya.

Dikatakan Aries, ada 3 kolam seluas 600 m2 yang telah digunakan untuk budidaya ikan nila selama 6 bulan. Ini adalah langkah positif dalam memastikan ketersediaan sumber protein bagi warga Kota Batu.

Selain itu, Aries menegaskan, pihaknya juga mengkampanyekan Gerakan Budidaya Perikanan di Lahan Pekarangan atau Gebyarkan Angan. 

"Hal ini bertujuan agar inflasi di Kota Batu tetap terjaga, dan tim TPID akan langsung berintervensi jika ada gejolak ekonomi," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu