Jagung Bagaspati Asal Wates Berhasil Sabet Juara Krenotek

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: Mustopa

4 Agustus 2023 07:56 4 Agt 2023 07:56

Thumbnail Jagung Bagaspati Asal Wates Berhasil Sabet Juara Krenotek Watermark Ketik
Jagung Bagaspati asal Wates, Blitar yang berhasil menjadi juara Krenotek 2023, Jumat (4/8/2023) (Foto: ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Sesuai dengan kreativitas dan penilaian dari dewan juri, Lomba Kreativitas, Inovasi dan Teknologi (Krenotek) tahun 2023 sudah diumumkan pemenangnya. Ada 12 inovasi yang dinyatakan sebagai pemenang.

Lomba Krenotek dibagi menjadi 3 kategori yaitu Kategori I : Perangkat Daerah, Unit Khusus, Kecamatan, Puskesmas dan Kelurahan, Kategori II : Pelajar dari SMP dan SMA sederajat dan Kategori III : Mahasiswa dan Umum.

Pemenang Juara I Kategori III dengan inovasi yakni Bagaspati (Budidaya Jagung sebagai Ketahanan Nabati), Iwan Pitono asal Desa Sukorejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar mengatakan, inovasi ini sudah dikembangkan sejak beberapa tahun terakhir.

Dijelaskan Iwan, benih jagung Bagaspati yang diciptakan ini memiliki sejumlah keunggulan bila dibandingkan dengan benih yang lain. Seperti usia panen kurang dari 100 hari, biaya operasional pemupukan lebih sedikit, pestisida lebih murah, tahan terhadap hama sampai 2 persen dan lain sebagainya.

“Kemudian hasil eksperimen, benih jagung Bagaspati itu juga bisa menghasilkan satu ton lebih, atau kalau dibandingkan dengan benih yang biasa ada selisih 6 kuintal apabila ditanam di area seluas 1 hektare,” ujar Iwan.

Menurut Iwan, benih jagung Bagaspati ini bisa menggunakan pupuk organik maupun an organik, tetapi jumlahnya hanya separuh dari jumlah pupuk yang diberikan terhadap benih jagung lainnya. Lalu, untuk harganya per kilogramnya benih jagung Bagaspati dijual sebesar Rp 50-60 ribu.

“Di samping itu, benih jagung Bagaspati sudah merambah ke beberapa daerah di Jawa Timur seperti Banyuwangi, Jember dan luar Jawa diantaranya Bali, NTB, Lampung hingga Papua,” imbuhnya.

Ia berharap, benih jagung Bagaspati bisa menjadi icon baru di Kabupaten Blitar. Selain itu, Iwan juga menginginkan ada payung hukum yang bisa mensejahterakan masyarakat, artinya dengan adanya benih jagung Bagaspati ini nantinya bisa menyumbang PAD.(*)

Tombol Google News

Tags:

Krenotek Bappeda Kabupaten Blitar