Jalin Kerja Sama dengan KJRI Jeddah, Unesa akan Kembangkan Kurikulum Urban

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

18 Maret 2024 05:43 18 Mar 2024 05:43

Thumbnail Jalin Kerja Sama dengan KJRI Jeddah, Unesa akan Kembangkan Kurikulum Urban Watermark Ketik
Para pimpinan Unesa saat berkunjungi di KJRI Jeddah. (Foto: Humas Unesa)

KETIK, SURABAYA – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) secara resmi bekerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk pengembangan model kurikulum urban bagi Sekolah Indonesia di Jeddah atau SIJ.

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes mengatakan sebagai wujud komitmen dari kerja sama tersebut, Unesa akan mengirim tim ahli untuk merancang kurikulum di SIJ yang lebih sesuai dengan kebutuhan sekarang dan ke depan.

Pengembangan kurikulum itu penting dilakukan, mengingat perkembangan kemajuan teknologi informasi dan dinamika lingkungan sekolah yang siswanya amat beragam dari berbagai negara. Berbagai tantangan kekinian dan ke depan baik itu dalam scope internal maupun eksternal berusaha dijawab melalui pengembangan kurikulum.

“Prinsip dalam merancang atau mengembangkan kurikulum itu tidak hanya untuk menjawab apa tantangan sekolah saat ini, tetapi juga menjawab tantangan dan memproyeksikan bagaimana anak didik mengarungi zaman ke depan,” katanya.

Unesa juga akan mengirim sejumlah mahasiswa untuk melakukan magang di KJRI. Tidak hanya melibatkan mahasiswa prodi kependidikan saja, tetapi juga mahasiswa non-kependidikan.

Bagi mahasiswa prodi kependidikan nanti bisa menjadi guru pendamping atau mengajar di sana sesuai bidang ilmu yang dipelajarinya. Sementara mahasiswa prodi non-kependidikan bisa menjalani magang di kantor KJRI, bisa di bidang administrasi, manajemen, kepenulisan, kehumasan, hingga teknologi informasi.

"Nantinya dalam magang tersebut akan ada dua skema yakni mahasiswa dibiayai penuh oleh kampus, dan yang kedua diberikan bantuan berupa subsidi. Tergantung kebutuhan," tambahnya.

Magang rencananya akan dimulai pada Agustus 2024 mendatang. Mengingat tingginya peminat program ini, tidak menutup kemungkinan untuk dibuka jalur ketiga atau mandiri. Terlebih salah satu benefit atau keuntungan mahasiswa yang magang di sana ialah bisa umroh gratis.

Selain itu, mahasiswa itu juga akan didampingi oleh dosen yang tidak hanya sekedar memonitoring kegiatan mereka, tetapi juga sekalian melakukan PKM internasional seperti halnya merancang kurikulum urban. Dengan demikian SDM Unesa bisa terlibat secara keseluruhan dalam kerja sama tersebut.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Unesa KJRI Jeddah kurikulum urban SIJ mahasiswa