Jelang Debat Perdana Pilkada Palembang, Paslon Yudha-Bahar Himpun Masukan dari Masyarakat

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Mustopa

13 Oktober 2024 14:41 13 Okt 2024 14:41

Thumbnail Jelang Debat Perdana Pilkada Palembang, Paslon Yudha-Bahar Himpun Masukan dari Masyarakat Watermark Ketik
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang, Yudha Pratomo Mahyuddin-Baharuddin menghimpun masukan dari masyarakat untuk mengikuti debat perdana Pilkada Palembang 2024. (Foto: Wisnu Akbar Prabowo/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Menjelang pelaksanaan debat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Palembang yang akan dilaksanakan pada 22 Oktober 2024, pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang, Yudha Pratomo Mahyuddin-Baharuddin (Yudha-Bahar) mengaku siap mengikuti gelaran tersebut.

Hal ini dikatakan langsung oleh Yudha. Dia menyebutkan, dirinya dan Baharuddin akan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam debat nanti, salah satunya adalah masukan-masukan dari masyarakat.

"Jelang debat publik salah satunya kami mengunjungi masyarakat untuk dapat informasi dari tangan pertama," kata Yudha, Minggu 13 Oktober 2024.

Yudha menjelaskan, saat mendengar langsung masukan dari masyarakat, dirinya mendapatkan banyak permasalahan serta keluhan yang dirasakan orang-orang, salah satunya adalah sejumlah pasar yang sepi dari pengunjung.

Selain itu, sejumlah fasilitas publik di Kota Palembang juga perlu pembenahan dan peningkatan kualitas. Sebab, masyarakat kerap mengeluhkan pelayanan publik yang kurang optimal dari fasilitas-fasilitas yang ada.

"Termasuk permasalahan lainnya, kemarin kita datangi UMKM dan mengobrol. Kami himpun untuk bahan debat nanti bagaimana penyelesaian dari masalah UMKM dan pedagang di lapangan, " tandas Yudha.

Diketahui, paslon berslogan “Era Baru Palembang Maju” ini memiliki sejumlah program unggulan, di antaranya dana RT sebesar Rp50-Rp100 juta per tahun, sunat gratis, berobat gratis, kuliah gratis, sembako murah, internet gratis, fogging gratis, ambulans gratis, dan pelatihan keahlian gratis.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang telah menetapkan jadwal debat yang akan diikuti para paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palembang di Pilkada 2024.

Menurut Komisioner KPU Palembang Divisi Teknis Penyelenggaraan, Sri Mariyati mengatakan bahwa dalam debat Pilkada Palembang nanti akan dilakukan sebanyak tiga kali.

Debat ini, sebut Sri, menjadi salah satu bagian dari tahapan kampanye yang bisa dimanfaatkan paslon menyampaikan visi misi mereka sebagai calon kepala daerah, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk memilih pemimpinnya.

Debat pertama nanti akan dilaksanakan pada 22 Oktober 2024. Akan tetapi, Sri belum bisa memastikan di mana lokasi pelaksanaan debat pertama Pilkada Palembang.

"Debat perdana akan dilakukan pada 22 Oktober, Insyaallah. Lokasinya masih tentatif, bisa di Hotel Santika atau Sultan," ungkapnya.

Saat ini, pihaknya masih membentuk tim perumus untuk menentukan siapa saja panelis dalam debat tersebut.

Meski belum ada nama-nama yang pasti, Sri mengatakan bahwa debat kali ini akan mendatangkan panelis dari kalangan akademisi dan orang-orang profesional di bidangnya sesuai dengan tema debat yang diusung.

"Pastinya dari akademisi yang membidangi, bisa dari hukum, budaya, termasuk perwakilan media. Nah untuk tema masih dibahas dulu, dan nantinya tim perumus yang melakukan, " terang dia. 

Sri menyebutkan, kemungkinan besar debat kedua dan ketiga akan dilaksanakan pada 6 November dan 20 November 2024.

Seluruh informasi mengenai lokasi dan tema debat, lanjut Sri, akan diumumkan melalui media sosial KPU Kota Palembang.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pilkada 2024 Palembang Debat calon wali kota yudha pratomo mahyuddin yudha-bahar