Jembatan Bailey Membentang di Utara Dam Kedungpeluk Sidoarjo

Editor: Fathur Roziq

4 Agustus 2024 22:35 4 Agt 2024 22:35

Thumbnail Jembatan Bailey Membentang di Utara Dam Kedungpeluk Sidoarjo Watermark Ketik
Bentangan jembatan Bailey mulai tersusun di sisi barat Sungai Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo, pada Sabtu (3/8/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Matahari begitu terik. Panas. Belasan orang terlihat bekerja cepat menyusun rangka-rangka baja pada Sabtu (3/8/2024). Mereka merangkai jembatan Bailey yang akan menggantikan sementara Jembatan Kedungpeluk setelah ambruk pada Selasa (16/7/2024) silam.

Seorang pekerja, Naryo, mengaku sudah mengerjakan rangka jembatan itu sejak pukul 07.00. Hingga Sabtu siang, panjang bentangan konstruksi jembatan Bailey sudah tersusun sekitar 10 meter. Posisinya membujur antara barat dan timur.

”Panjang jembatan ini 24 meter. Lebar lantai bordes sekitar 3,8 meter,” ungkapnya di lokasi. Rangkaian jembatan diturunkan dari atas truk dengan crane kecil. Setelah itu, rangka baja dirakit di atas tanah. Pekerja lain tanpa sibuk mengunci mur dan baut. Ukurannya besar-besar. Ada juga yang terlihat sedang memasang dongkrak supaya permukaan konstruksi jembatan bisa sejajar. Tidak miring. 

Menurut rencana, setelah rangkaian baja untuk jembatan bailey selesai, posisinya akan digeser. Sedikit demi sedikit ditempatkan pada posisi yang pas untuk penyeberangan. Lokasinya ada di sebelah utara Dam Kedungpeluk. Kendaraan yang melewati jembatan diharapkan tidak sulit mengambil tikungan. Lebih-lebih saat berpapasan.

Warga Kedungpeluk menyaksikan para pekerja menyelesaikan tugasnya hingga sore hari. Mereka terlihat senang. Ada pula pekerja proyek yang merekam tahap demi tahap pemasangan jembatan tersebut. 

Foto Para pekerja merakit jembatan Bailey di sisi utara Dam Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo, pada Sabtu (3/8/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Para pekerja merakit jembatan Bailey di sisi utara Dam Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo, pada Sabtu (3/8/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM SDA) Kabupaten Sidoarjo Dwi Eko Saptono menjelaskan, progres pembangunan instalasi jembatan sementara, yaitu jembatan Bailey di Desa Kedungpeluk, telah dimulai pada Sabtu (3/8/2024). Pemasangan ditarget selesai sekitar 6 hari.

Menurut Dwi Eko, saat ini, material jembatan Bailey sudah terkirim lebih dari 75 persen. Masing-masing terdiri atas lantai jembatan  dan gelagar (besi WF) yang sudah lengkap. Selain itu,  panel-panel telah tiba 80 persen. Adapun material pembebanan masih dalam proses pengiriman menuju lokasi. 

"Untuk pekerja pelaksana jembatan sudah berada di lokasi lengkap," katanya.

Dwi Eko menambahkan, kemampuan jembatan Bailey mencapai 20 sampai 30 ton. Lebar jembatan sekitar 4 meter dan panjang 24 meter.

"Mampu menopang gantar kendaraan yang beratnya 20 sampai 30 ton, seperti truk, kendaraan keluarga, maupun roda dua," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kabupaten Sidoarjo sidoarjo Desa Kedungpeluk Jembatan Ambruk Kedungpeluk Jembatan Kedungpeluk Ambruk Kecamatan Candi Pemkab Sidoarjo Jembatan Bailey Kedungpeluk