Kades Ko'ol Rencanakan Budi Daya Rumput Laut sebagai Destinasi Wisata Laut

Jurnalis: Ismail Hasyim
Editor: Mustopa

24 Januari 2024 10:25 24 Jan 2024 10:25

Thumbnail Kades Ko'ol  Rencanakan Budi Daya Rumput Laut sebagai Destinasi Wisata Laut Watermark Ketik
Pj Bupati Bangkalan, Kades Ko'ol beserta pemuda karang taruna satu hati menanam rumput laut. 24/01/2024 (Foto. Pemerintah Desa Ko'ol Kelampis)

KETIK, BANGKALAN – Penanaman perdana rumput laut di Desa Ko'ol, Kecamatan Klampis dihadiri langsung oleh Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie, Rabu (24/1/2024).

Bahkan Pj Bupati Bangkalan ikut turun berbaur dengan masyarakat menanam rumput laut di pinggir laut Desa Ko'ol.

Pj Bupati Bangkalan berharap penanaman rumput laut itu bisa menjadi lahan rezeki baru bagi masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Desa Ko'ol.

"Diharapkan masyarakat punya lahan penghasilan baru sehingga bisa memutar roda perekonomian di Kabupaten Bangkalan," jelasnya.

Penanaman rumput laut tersebut hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan dengan Jeeva Nusantara.

Arief juga berharap keberadaan lahan rumput laut di Kabupaten Bangkalan dapat menciptakan pengusaha muda yang nantinya ikut mengembangkan olahan rumput laut.

"Jika sudah tercipta pengusaha-pengusaha yang andal maka secara otomatis akan tercipta lapangan pekerjaan baru bagi anak-anak muda sekitar," imbuhnya.

Sehingga jika usaha ini berhasil, maka masyarakat Kabupaten Bangkalan tidak perlu lagi merantau keluar negeri untuk mencari nafkah. Generasi muda Bangkalan harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Upaya untuk membangun perekonomian masyarakat Bangkalan adalah dengan melakukan perputaran uang di dalam daerah Kabupaten Bangkalan, " ulasnya. 

Menurut Arief, rumput laut tidak memerlukan perawatan yang sulit, dan tidak butuh pupuk. Setelah dipanen bisa langsung dijual dan juga dijadikan olahan makanan yang bisa dikembangkan menjadi usaha home industri.

Oleh sebab itu, Arief menghimbau para kepala desa (kades) yang memiliki daerah pesisir laut untuk ikut mengembangkan tanaman rumput laut ini lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"BUMDes harus kreatif dan harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru, salah satunya dengan membudidayakan tanaman rumput laut ini," pungkasnya. 

Sementara Kepala Desa Ko'ol H. Taufik mengatakan penanaman rumput laut ini dipelopori anak-anak Karang Taruna Satu Hati Desa Ko'ol Kecamatan Kelampis.

Menurutnya Pemerintah Desa Ko'ol akan terus memberikan semangat pada para pemuda desa untuk terus berkreasi dan berinovasi, salah satunya dengan mencoba budidaya rumput laut.

Aba Taufik, sapaan akrab Kades Ko'ol ini berharap dengan membudi dayakan rumput laut nantinya dapat mengangkat perekonomian masyarakat desanya.

"Harapan kami kedepannya, budi daya rumput laut ini dapat mengangkat perekonomian masyarakat desa, bahkan rencana jangka panjangnya bisa menjadi destinasi wisata laut. Sehingga Bumdes Desa Ko'ol semakin maju dan berkembang," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pj Bupati Pemdes Ko'ol Karang Taruna Sati Hati rumput laut