Kandungan Gizi Tinggi hingga Menambah Cita Rasa, Inilah Berbagai Kelebihan Proses Fermentasi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

3 Februari 2024 00:25 3 Feb 2024 00:25

Thumbnail Kandungan Gizi Tinggi hingga Menambah Cita Rasa, Inilah Berbagai Kelebihan Proses Fermentasi Watermark Ketik
Keju yang juga merupakan makanan hasil fermentasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Makanan fermentasi adalah makanan yang diproduksi menggunakan bakteri, ragi, atau organisme lain yang mengandung probiotik tertentu untuk memecah gula. Sehingga terjadilah proses yang disebut fermentasi.

Indonesia memiliki beragam makanan fermentasi. Salah satu yang paling dikenal adalah tempe, selain itu juga ada tape dan masih banyak lagi. 

Makanan fermentasi memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Kandungan gizi makanan fermentasi jauh lebih tinggi daripada bahan asalnya. Oleh sebab itu makanan ini sering kali menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi. 

Selain itu, proses fermentasi seringkali dipilih karena memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan yang utama adalah makanan akan jadi lebih awet.

Berikut ini kami ulas kelebihan proses fermentasi pada makanan. Simak ulasan berikut ini.

1. Mengawetkan makanan

Seperti yang sudah disinggung di atas, makanan yang melalui proses fermentasi akan jauh lebih awet untuk disimpan dalam jangka yang lebih lama. Hal ini karena proses fermentasi menghambat pembentukan asam organik pada makanan, seperti asam laktat, asam asetat, asam propianat, dan lain-lain.

2. Makanan jadi lebih aman

Keuntungan selanjutnya, makanan fermentasi cenderung lebih aman karena proses fermentasi menghambat pertumbuhan patogen. 

3. Memiliki nilai gizi lebih baik

Makanan yang melalui proses fermentasi memiliki kandungan gizi lebih tinggi daripada bahan asalnya. Salah satunya adalah tempe, tempe dikenal sebagai sumber protein nabati yang baik bahi tubuh. Selain itu tempe dapat mengatasi gangguan saluran pencernaan, mengatasi penyakit jantung, dan mencegah osteoporosis.

4. Menambah variasi makanan

Proses fermentasi dapat menambah variasi makanan karena adanya perubahan warna, rasa, aroma, dan tekstur yang dihasilkan dari proses tersebut. Contohnya, fermentasi susu dapat menghasilkan keju dan yogurt.

5. Menambah cita rasa

Proses fermentasi pada makanan mampu menambah vita rasa yang unik pada bahan asalnya. Seperti yogurt yang memiliki rasa asam menyegarkan, tape yang memiliki rasa manis legit, juga ada keju yang memiliki rasa asin yang khas.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Makanan fermentasi tempe yogurt keju Tape Nilai Gizi probiotik