Kasal Pastikan Prajurit TNI AL Pegang Teguh Netralitas di Pemilu 2024

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

6 November 2023 05:54 6 Nov 2023 05:54

Thumbnail Kasal Pastikan Prajurit TNI AL Pegang Teguh Netralitas di Pemilu 2024 Watermark Ketik
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali (tengah) saat pres converence, Senin (6/11/2023). (Foto : M. Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menjelang pemilihan umum (Pemilu 2024) Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengingatkam prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) untuk menjaga netralitas. Orang nomor satu di Angkatan Laut ini meminta kepada masyarakat untuk melaporkan jika ada anggota TNI AL yang tidak netral dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Jangan segan-segan untuk melaporkan ke saya jika ada anggota TNI AL yang tidak netral, nanti akan saya proses," ucap Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali saat ditemui di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Bumimoro Surabaya, Senin, (6/11/2023).

Ali meminta prajurit TNI AL untuk bisa menjaga netralitas serta bersinergi dengan pihak aparat keamanan, pemerintah daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya yang terkait. "Ini agar terciptanya kondisifitas sehingga Pemilihan Umum (Pemilu) bisa berjalan lancar dan baik," ucapnya.

Ali menjelaskan meskipun keluarga prajurit TNI AL memiliki hak untuk memilih dalam pemilihan umum, namun ia tetap akan terus mengingatkan seluruh jajaran prajurit untuk tetap netral.

"Jaga terus netralitas, biakan keluarga menggunakan hak memilihnya, namun yang bapak-bapak prajurit TNI AL harus jaga netralitas ini," terangnya.

Saat disinggung jika ada prajurit TNI AL yang menjadi tim sukses dari salah satu pasangan calon presiden maupun partai, Ali pastikan tidak ada. "Jika pun ada itu sudah purnawirawan karena memang hak memilih dan purnawirawan juga sudah sah menjadi warga sipil jadi boleh menggunakan hak pilihnya," bebernya. (*)

Tombol Google News

Tags:

TNI AL TNI Pemilu Pemilihan Umum pemilu2024 Netralitas TNI Kepala Staf TNI Angkatan Laut Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali