Kebakaran Gunung Panderman Kota Batu Padam, Belasan Hektar Hangus Terbakar

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

24 November 2023 11:40 24 Nov 2023 11:40

Thumbnail Kebakaran Gunung Panderman Kota Batu Padam, Belasan Hektar Hangus Terbakar Watermark Ketik
Petugas Gabungan sedang memadamkan api di lereng Gunung Panderman. (Foto: BPBD Kota Batu)

KETIK, BATU – Kebakaran yang melanda Gunung Panderman di Kota Batu, akhirnya padam, Jumat (24/11/2023). Kebakaran yang terjadi selama tiga sejak Selasa (21/11/2023) melahap belasan hektar lahan hutan area lereng Gunung Panderman.

Yaitu pada petak 227 blok Wajikan seluas kurang lebih 17 hektar. Lalu, blok 213 seluas 12 hektar. "Meskipun sudah padam, kami tetap memantau untuk melihat kondisi Gunung Panderman," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, Jum'at (24/11/2023).

Agung memastikan api sudah padam dan tidak terlihat kepulan asap. Saat ini tim hanya pemantauan Gunung Panderman dari rest area Jalur Lintas Barat (Jalibar) Kota Batu. 

Dari pantauan, memang tampak sudah tidak ada kepulan asap yang muncul pada Gunung Panderman. "Selanjutnya, kami akan melakukan penyisiran. Penyisiran dilakukan untuk memgecek kondisi pasca kebakaran. Dan memastikan sisa kebakaran benar-benar padam,” imbuh Agung.

Agung menjelaskan, total ada 55 personil yang diterjunkan untuk memadamkan kebakaran tersebut. Mereka bergerak dari dua sisi yakni pos 1 di Desa Oro-oro Ombo dan pos 2 di posko pendakian Panderman Desa Pesanggrahan. 

"Sejak Selasa (21/11/2023) malam Tim Gabungan telah melakukan pemadaman. Pemadaman pada malam hari harus dihentikan karena api menjalar ke medan yang terjal," tegasnya.

Sebelumnya, kebakaran Hutan dan Lahan melanda Lereng Gunung Panderman di petak 227 RPH Oro-Oro Ombo Kota Batu. Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan api pertama kali diketahui pada Pukul 15.30 WIB Selasa, (21/11/ 2023) kemarin.

Menurut Agung, kebakaran tersebut terjadi karena sambaran petir yang mengenai pohon di lereng Gunung Panderman. Kemudian, api merembet hingga ke puncak Gunung Panderman. 

"Vegetasi pohon cemara dan alang-alang yang sudah kering di gunung panderman mempercepat kobaran api," jelasnya. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu kebakaran Gunung Panderman