Kenakan Pakaian Adat Aceh, Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas Tampil Cantik di Upacara Hardiknas

Jurnalis: Cutbang Ampon
Editor: M. Rifat

6 Mei 2024 07:25 6 Mei 2024 07:25

Thumbnail Kenakan Pakaian Adat Aceh, Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas Tampil Cantik di Upacara Hardiknas Watermark Ketik
Pj Bupati Nagan Raya pimpin upacara Hardiknas di Nagan Raya, Aceh (6/5/2024). (Foto: Cutbang Ampon/Ketik.co.id)

KETIK, NAGAN RAYA – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si memimpin upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024.

Dengan mengusung tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Mardeka Belajar", upacara yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Komplek Perkantoran Suka Makmue, Senin (6/5/2024).

Pada kesempatan itu, dengan mengenakan pakaian adat Aceh dan tampil cantik, Pj Bupati Fitriany membacakan pidato Menteri Pendidikan, Riset, Kebudayaan dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim.

Dalam pidato itu disebutkan bahwa, menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar bukan hal yang mudah. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran.

"Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan," ujar Fitriany.

Foto Pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan Hardiknas di Nagan Raya. (Cutbang Ampon/Ketik.co.id)Pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan Hardiknas di Nagan Raya. (Foto: Cutbang Ampon/Ketik.co.id)

Kemudian, tambahnya, ketika langkah sudah mulai serempak, negara Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi Covid-19, dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis.

Pada saat yang sama lanjut Fitriany, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan, dengan bergotong royong, bangsa Indonesia berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

"Ombak kencang dan karang tinggi sudah kita lewati bersama, kini kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama, dengan gerakan merdeka belajar," imbuhnya.

Dijelaskan, lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan merdeka belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

"Dengan penuh harapan, saya titipkan merdeka belajar kepada anda semua," ucap Nadiem Makarim yang teks pidatonya dibacakan Pj Bupati Fitriany.

Sebelum mengikuti upacara, terlihat para staf Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya dimulai staf kantor, para dewan guru sekolah, dan siswa-siswi berjalan kaki dari dinas tersebut menuju halaman kantor bupati mengenakan pakaian adat.

Foto Upacara Hardiknas di Nagan Raya diikuti oleh para ASN, siswa dan Forkopimkab. (Cutbang Ampon/Ketik.co.id)Upacara Hardiknas di Nagan Raya diikuti oleh para ASN, siswa dan Forkopimkab. (Foto: Cutbang Ampon/Ketik.co.id)

Untuk diketahui, Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Peringatan Hardiknas merupakan wujud penghormatan kepada bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara yang berjasa besar dalam memajukan pendidikan bangsa Indonesia.

Upacara itu turut dihadiri unsur Forkopimda, Danyon Kompi C Brimob Nagan Raya, Kacabdin Nagan Raya, sekda, staf ahli bupati, para asisten sekda, kepala SKPK, camat dan sejumlah undangan lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hardinas Nagan Raya Fitriany Farhas Aceh