Kenali 5 Penyebab Kesemutan pada Tubuh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

26 Juli 2023 19:27 26 Jul 2023 19:27

Thumbnail Kenali 5 Penyebab Kesemutan pada Tubuh Watermark Ketik
Ilustrasi kesemutan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Seringkali saat beraktivitas kita tiba-tiba merasakan kesemutan. Walaupun dapat hilang dengan sendirinya, namun jika hal ini sering terjadi tentu akan cukup mengganggu.

Kesemutan adalah salah satu gangguan saraf yang muncul akibat akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh. Di samping itu kesemutan bisa menjadi pertanda jika kamu menderita suatu penyakit tertentu.

Berikut ini kami ulas beberapa penyebab terjadinya kesemutan pada seluruh bagian tubuh. Simak penjelasannya.

1. Gejala Stroke

Jika kamu sering merasa kesemutan pada bagian tangan, hati hati mungkin itu merupakan gejala stroke ringan. Berawal dari tangan jika dibiarkan kelamaan kesemutan akan menyebar ka bagian tubuh lainnya. Hal ini lah yang bisa menyebabkan stroke.

2. Syaraf Terjepit

Kesemutan yang kamu alami bisa juga disebabkan karena syaraf yang terjepit. Saraf yang mengalami gangguan tentu akan menyebabkan gangguan pula pada bagian tubuh yang lain.

Jika syaraf sampai terjepit tentu dapat berakibat fatal, karena dapat menyebabkan gangguan penurunan daya ingat hingga metabolisme tubuh.

3. Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin tertentu ternyata bisa menyebabkan terjadinya kesemutan, seperti B12, vitamin B6, Vitamin B1 dan Vitamin E yang sangat baik untuk tubuh.

Foto Kekurangan Vitamin bisa menyebabkan kesemutan. (Foto: Pexels)Kekurangan Vitamin bisa menyebabkan kesemutan. (Foto: Pexels)

Asupan yang kurang dari vitamin tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh, salah satunya kesemutan.

4. Efek Samping Obat

Konsumsi beberapa jenis obat ternyata ditengarai juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kesemutan pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh reaksi dari tubuh dan efek samping yang disebabkan karena terbuat bukan dari bahan alami. 

5. Rematik

Jika anda menderita rematik, bukan hal yang aneh jika anda sering merasa kesemutan pada beberapa bagian tubuh. Rematik sendiri adalah kondisi radang pada sendi akibat kondisi autoimun, yaitu ketika sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang sendi tubuh.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kesemutan Syaraf stroke rematik kesehatan