Ketua DPD RI LaNyalla Sebut Demokrasi Pancasila Paling Cocok untuk Indonesia

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

2 Januari 2023 07:39 2 Jan 2023 07:39

Thumbnail Ketua DPD RI LaNyalla Sebut Demokrasi Pancasila Paling Cocok untuk Indonesia Watermark Ketik
Ketua DPD RI LaNyalla saat menyampaikan pidatonya (Foto: Dok. Boy )

KETIK, PASURUAN – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyerukan kepada para khalayak jika umat islam wajib membela ideologi negara yakni Pancasila.

Hal itu disampaikan LaNyalla dalam kunjungannya di Haul ke-8 KH Abu Bakar Cholil di Ponpes Metal Muslim Alhidayah, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (2/1/2023). 

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Pemprov Jatim yakni Kepala Bakorwil Malang Budi Santoso, Wakil Bupati Pasuruan Kiai Haji Abdul Mujib Imron, Mantan Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj, Nyai Hajjah Mutmainnah, KH Agus Masruri serta Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Pasuruan, M. Ravi. 

'Seandainya Pancasila dirusak, maka NU harus bertanggungjawab! Umat Islam wajib membela Pancasila ! Karena ini sudah Mujma’ alaih, atau Konsensus para ulama!” kata LaNyalla mengutip pernyataan Kiai Haji As’ad Syamsul Arifin, tokoh dan ulama yang berperan penting dalam lahirnya Nahdlatul Ulama. 

Pernyataan ini tentu saja tidak lepas dari sejarah pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didominasi oleh para ulama. Dimana mereka sama sama merumuskan ideologi demokrasi pancasila sebagai dasar negara.

Foto LaNyalla saat berpidato di pondok pesantren. (Foto: Dok. Boy)LaNyalla saat berpidato di pondok pesantren. (Foto: Dok. Boy)

Menurut LaNyalla, Demokrasi Pancasila adalah sistem politik yang paling cocok bagi Indonesia. Demokrasi Pancasila merupakan sistem Syuro, dengan Lembaga Tertinggi Negara sebagai perwakilan dan penjelmaan seluruh rakyat.

"Begitu pula dengan sistem Ekonomi Pancasila, yang pada hakikatnya adalah negara harus berkuasa penuh atas bumi air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya," ujarnya.

Sehingga ekonomi Indonesia dijalankan dengan tiga pilar utama. Koperasi atau usaha rakyat. Lalu perusahaan negara. Kemudian swasta, baik swasta nasional maupun asing.

LaNyalla juga menyampaikan sudah seharusnya Indonesia kembali berdaulat, berdikari dan mandiri. Negara yang menjadi harapan hidup penduduk bumi.

"Karena Indonesia sangat mungkin untuk menjadi lumbung pangan dunia, sekaligus penghasil oksigen dunia melalui kekayaan Biodiversity hutan kita," katanya.

Foto LaNyalla Bersama Para Tamu ( foto : Dok Boy )LaNyalla bersama para tamu (Foto: Dok. Boy )

Pernyataan LaNyalla inipun sontak mendapatkan sambutan yang positif dari para hadirin salah satunya Pengasuh Ponpes Metal Muslim Al Hidayah, Kiai Haji Nur Kholis Al Maulani, memuji kepedulian LaNyalla terhadap pesantren.

"Saya kagum dengan Pak LaNyalla karena selalu dekat dengan pesantren. Pak LaNyalla selalu peduli dengan pesantren. Terima kasih Pak LaNyalla atas perhatiannya. Doakan kami bisa terus membangun pesantren," ungkapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

LaNyalla Pancasila Pesantren Pasuruan DPD RI