Ketua Umum MUI Situbondo: Mari Jaga Toleransi Selama Bulan Ramadan

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: M. Rifat

11 Maret 2024 02:34 11 Mar 2024 02:34

Thumbnail Ketua Umum MUI Situbondo: Mari Jaga Toleransi Selama Bulan Ramadan Watermark Ketik
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Situbondo, Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar (10/03/2024) (Foto: Adinda Octaviani/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan 1445 H yang penuh Rahmat, Berkah dan Maghfirah, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Situbondo, Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar menghimbau seluruh Ummat Islam di Situbondo agar momentum Bulan Suci Ramadhan yang penuh dengan hikmah ini bisa menciptakan nuansa ibadah yang saling toleransi, menciptakan suasana ibadah yang aman, kondusifitas serta terhindar dari perbuatan munkar, maksiat untuk menuju insan Muttaqin, Senin (11/03/2024).

“Kami mengajak seluruh ummat islam untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan beribadah puasa secara khusyu, baik ibadah wajib maupun sunnah, berdzikir tadarus Al Qul’an, berdoa, mengeluarkan zakat infaq dan sadaqoh sesuai dengan ketentuan syariat islam dan menjunjung tinggi nilai nilai toleransi,” ajak Ketua MUI Situbondo, Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar.

Tak hanya itu seruan atau himbauan yang disampaikan Ketua MUI Situbondo, namun Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar mengajak kepada seluruh Ummat Islam di Kabupaten Situbondo untuk menjaga dan meningkatkan ukhuwah Basyariyah dan ukhuwah Wathaniyah.

“Penggunaan pengeras suara Toa untuk Tadarus Al Qur’an dibatasi sampai dengan pukul 22.00 WIB, selanjutnya bisa menggunakan pengeras suara dalam masjid maupun musalah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua MUI Situbondo, meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo untuk menginstruksikan menutup tempat-tempat hiburan malam secara total dan  menertipkan warung-warung makan dan sejenisnya yang buka pada siang hari dengan memasang penutup selama bulan ramadan.

“Kami juga meminta kepada aparat keamanan utamanya, pihak kepolisian dan segenap perangkat di bidang kamtibmas untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat dari upaya dan prilaku yang dapat merusak kekhusyuan ibadah puasa masyarakat di bulan Ramdhan 1445 H," tuturnya.

Selain itu, Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar, meminta kepada pihak yang berwenang mengadakan razia penyakit masyarakat seperti perbuatan prostitusi di eks lokalisasi dan warung remang-remang, toko atau warung yang menjual minuman keras dan sejenisnya.

Selanjutnya, Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdar, juga menghimbau kepada Muzakki, Munfiq dan Musdiq agar bisa mendistribusikan shadaqoh lebih awal pada Bulan Ramadan dan tidak mendatangkan kerumunan orang atau mustahiq. (*)      

Tombol Google News

Tags:

Ketua MUI Situbondo Jaga Toleransi Ibadah Ramadhan Situbondo Hari Ini Situbondo Terkini Situbondo Berita