Khofifah: Monumen Reog Ponorogo Bisa Dongkrak Wisatawan

Jurnalis: S. Widodo
Editor: M. Rifat

6 Maret 2023 03:48 6 Mar 2023 03:48

Thumbnail Khofifah: Monumen Reog Ponorogo Bisa Dongkrak Wisatawan Watermark Ketik
Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau pembangunan monumen Reog Ponorogo. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, PONOROGO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ponorogo.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan orang nomor satu di Jatim itu di Bumi Reog. Salah satunya meninjau persiapan pembangunan Monumen Reog dan Museum Peradaban (MRMP) Ponorogo. Proyek monumental yang telah dimulai akhir 2022 itu ditargetkan akhir tahun 2024 selesai pembangunannya.

“Dilihat dari masterplannya, keberadaan monumen reog ini akan menjadi sesuatu yang monumental dan mengandung nilai legenda dan sejarah yang tinggi bagi kesenian Reog,” ungkap Gubernur Khofifah, ditulis Senin (6/3/2023).

Guna menunjang pariwisata baru di Ponorogo itu, kawasan sekitar MRMP nantinya juga akan dikembangkan. Mulai dari pelebaran jalan, hingga pembangunan penunjang wisata lainnya, yakni restoran dan hotel.

Dengan demikian, diharapkan akan menjadi wahana wisata yang resonansinya mendunia.

Khofifah optimis potensi market di sektor pariwisata akan meningkat. Sebab pendirian wisata MRMP ini akan terkoneksi dengan daerah wisata lainnya. Yakni wisata Telaga Sarangan dan Tawangmangu.

Foto Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau pembangunan monumen Reog Ponorogo. (Foto: Humas Pemprov Jatim)Gubernur Jatim Khofifah saat meninjau pembangunan monumen Reog Ponorogo. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

“Pemerintah Provinsi Jatim akan mendukung keberadaan MRMP ini. Yakni dengan menyiapkan bantuan keuangan senilai Rp 30 Miliar,” katanya.

Dengan tinggi monumen mencapai 126 meter, MRMP ini diharapkan menjadi destinasi wisata baru dan bakal menjadi kebanggaan masyarakat Ponorogo. Terlebih monumen ini akan mengalahkan ketinggian patung GWK Bali yang tingginya 121 meter.

Monumen Reog ini bakal mengalahkan ketinggian dari patung GWK Bali yang setinggi 121 meter. Rencananya monumen reog tingginya 126 meter. Khofifah mendorong Pemkab Ponorogo untuk mencari investor untuk pembangunan hotel bintang empat.

Dengan berdirinya hotel bintang empat ini, diyakini bakal meningkatkan daya tarik wisata di Ponorogo. Sebab, MRMP ini bersebelahan dengan Sarangan di Magetan dan Tawangmangu di Karanganyar Jawa Tengah.

“Pak Bupati harus mencari investor agar pembangunan sesuai masterplan dapat dilaksanakan. Monumen Reog ini letaknya dekat dengan Sarangan ataupun Tawangmangu, sekitar jarak tempuhnya cuma 30 menit,” katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Monumen reog Ponorogo Khofifah