KPEU MUI Jatim: UMKM Penyelamat Ekonomi Indonesia Usai Pandemi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

28 Agustus 2023 16:29 28 Agt 2023 16:29

Thumbnail KPEU MUI Jatim: UMKM Penyelamat Ekonomi Indonesia Usai Pandemi Watermark Ketik
Suasana Pesta UMKM Halal Expo 2023 di Malang yang diselenggarakan KPEU MUI Jatim, Senin (28/9/2023) malam. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI Jatim KH Noor Shodiq Askandar, mengatakan bahwa UMKM adalah the invisible hand yang mampu menyelamatkan ekonomi Indonesia usai diterpa Pandemi Covid-19. 

Hal itu diungkapkan KH Noor Shodiq Askandar saat memberikan sambutan dalam pembukaan pembukaan Pesta UMKM Halal Expo 2023 yang digelar KPFU MUI Jatim. Acara ini diikuti 100 UMKM dan berlangsung di NK Cafe Karangploso pada 28-30 Agustus 2023.

"Insyaallah tanpa UMKM kita akan berat menjalani kehidupan ekonomi. UMKM Kita sebut sebagai pahlawan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu malam ini kita adakan kegiatan Pesta UMKM ini," ungkapnya, Senin (28/9/2023) malam. 

KH Noor Shodiq menjelaskan, Pesta UMKM 2023 adalah bagian dari penghargaan MUI Jawa Timur terhadap pelaku UMKM. Menurutnya, UMKM menjadi bagian ekonomi yang tidak terpisahkan dan berperan kuat dalam perekonomian Indonesia.

"Dan hari ini panjenengan silahkan berpesta sampai tanggal 30 Agustus 2023. Kita mengadakan pesta bukan berarti ada macam-macam. Tetapi pesta ini bagian dari kegembiraan kita dan rasa syukur kita," terangnya.

Sementara KH Abd Hamid Wahid, Wakil Ketua KPEU MUI Jatim menambahkan, kegiatan tersebut adalah langkah strategis untuk merangsang serta meningkatkan daya beli masyarakat.

"langkah-langkah ini menurut pandangan saya merupakan strategi yang sangat penting untuk diimplementasikan. KPEU MUI Jatim mengambil langkah signifikan dalam mendorong dan membina usaha mikro kecil dan menengah UMKM di wilayah Jawa Timur," ujarnya dalam jumpa pers pada Rabu (23/8/2023) lalu.

Rektor Universitas Nurul Jadid Probolinggo ini mengatakan bahwa Pesta UMKM 2023 memberi kesempatan UMKM di Jawa Timur untuk memamerkan produk mereka dan memperluas jejaring kerjasama antar UMKM dan bahkan investor.

Dalam kegiatan ini para pengusaha UMKM akan memiliki kesempatan untuk mempromosikan penawaran mereka, terlibat dalam interaksi bisnis dengan rekan pemain industri, konsumen dan calon pembeli.

"Semua bertujuan untuk mengamankan peluang bisnis dan membangun kolaborasi saling menguntungkan," terangnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pesta UMKM 2023 KPEU MUI Jatim