Ratusan UMKM Siap Ramaikan Pesta UMKM KPEU MUI Jatim

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

23 Agustus 2023 10:32 23 Agt 2023 10:32

Thumbnail Ratusan UMKM Siap Ramaikan Pesta UMKM KPEU MUI Jatim Watermark Ketik
Awakmedia berfoto bersama dengan KPEU MUI Jatim usai konferensi pers, Rabu (23/8/2023). (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Seratus Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM di Jawa Timur akan meramaikan Pesta UMKM 2023 yang akan diadakan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI Jatim di Malang.

Kegiatan akan berlangsung dari tanggal 28 sampai 30 Agustus 2023 itu akan berlangsung di NK Cafe Karangploso Malang.

Pesta UMKM 2023 diharapkan menjadi wadah untuk memamerkan vitalitas UMKM dan mendorong momentum ekonomi nasional. Inisiatif ini dianggap sebagai langkah strategis untuk menghidupkan ekonomi UMKM.

KH Abd Hamid Wahid, M.Ag., Wakil Ketua KPEU MUI Jatim mengatakan kegiatan tersebut adalah langkah strategis, acara pameran, bisnis matching dan upaya untuk merangsang serta meningkatkan daya beli masyarakat.

"langkah-langkah ini menurut pandangan saya merupakan strategi yang sangat penting untuk diimplementasikan. KPUEU MUI Jatim mengambil langkah signifikan dalam mendorong dan membina usaha mikro kecil dan menengah UMKM di wilayah Jawa Timur," ujarnya dalam konferensi pers, Rabu, (23/8/2023).

Lebih lanjut, KH Abd Hamid yang juga Rektor Universitas Nurul Jadid Probolinggo ini, bahwa Pesta UMKM 2023 akan memberi kesempatan seratus UMKM di Jawa Timur untuk memamerkan produk mereka dan memperluas jejaring kerjasama antar UMKM dan bahkan investor.

Dalam kegiatan ini para pengusaha UMKM akan memiliki kesempatan untuk mempromosikan penawaran mereka, terlibat dalam interaksi bisnis dengan rekan pemain industri, konsumen dan calon pembeli.

"Semua bertujuan untuk mengamankan peluang bisnis dan membangun kolaborasi saling menguntungkan," lanjutnya.

KH Abd. Hamid menegaskan, di tengah tantangan ekonomi global saat ini inisiatif-inisiatif yang terencana dengan baik seperti ini dapat berfungsi sebagai katalisator untuk mendorong kemajuan sektor UMKM terutama dalam konteks dinamis Jawa Timur.

Acara Pesta UMKM 2023, juga akan mencakup klinik halal dan sektor perizinan. segmen-segmen ini bertujuan untuk memberikan informasi penjelasan dan panduan mengenai proses sertifikasi halal serta berbagai prosedur perizinan.

Persyaratan mendesak terkait sertifikasi halal pada tahun 2024 adalah manifestasi dari dukungan pemerintah terhadap pembentukan momentum ekonomi berbasis syariah yang memposisikan dirinya sebagai referensi global untuk ekonomi Islam.

UMKM yang ingin berpartisipasi dapat mendaftarkan produknya pada link pendaftaran berikut: https://intip.in/PendaftaranPameranHalalExpoKPEUMUIJatim.

"Peserta Pesta UMKM 2023 ini tidak dipungut biaya alias gratis. Pendaftaran dimulai 14 Agustus 2023 hingga 24 Agustus 2023. UMKM yang mendaftar akan melalui proses seleksi terlebih dahulu," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pesta UMKM 2023 KPEU MUI Jatim Pesta UMKM Malang MUI Jatim