KPU Jatim Kebut Logistik Pilgub, Mulai Cetak 32 Juta Surat Suara

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

5 Oktober 2024 09:42 5 Okt 2024 09:42

Thumbnail KPU Jatim Kebut Logistik Pilgub, Mulai Cetak 32 Juta Surat Suara Watermark Ketik
Komisioner KPU Jatim Miftahul Rozak saat diwawancarai, Jumat, 4 Oktober 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memulai mempersiapkan logistik untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim. Dalam waktu dekat pemenuhan logistik dilakukan dengan mencetak kertas suara.

"Untuk logistik seperti kotak suara, tinta, kabel tis, bilik suara dan beberapa kebutuhan ini sudah kami kirimkan ke beberapa daerah yang sudah kami penuhi kebutuhan logistik untuk Pilgub Jatim 2024," ucap Komisioner KPU Jatim Miftahul Rozak, Jumat, 4 Oktober 2024.

Rozak menjelaskan mencetak kerta suara itu sudah dikordinasikan dengan tim sukses ketiga paslon terkait pemasangan foto dari peserta kontestasi politik.

"Hasil koordinasi ini maka planing kami akan melakukan percetakan 11 atau 12 Oktober ini mulai masuk percetakan," ucapnya.

Pria asal Bangkalan itu menjelaskan proses lelang untuk mencetak kertas suara sudah melalui mekanisme lelang. "Dari lelang itu, percetakan temprina dan percetakan dari Solo yang menang tender karena memang biayanya lebih kecil," jelas Rozak.

Rozak menjelaskan untuk logistik surat suara, Pilgub Jatim membutuhkan 32 juta surat suara. "Jumlah ini akan bertambah 2,5 persen dari jumlah DPT yang sudah kami tetapkan," tuturnya.

Saat disinggung untuk kebutuhan surat suara untuk pilkada kota dan kabupaten lainnya, Rozak menyerahkan kepada KPU kabupaten dan kota masing-masing.

"Karena wilayah kita di Pilgub Jatim jadi jumlah itu disesuaikan untuk di Pilgub Jatim saja," bebernya. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Jatim logistik Pilgub Jatim 2024 Pilgub Jatim 2024 #Pilkada2024 Jawa timur pilkada