KPU Kabupaten Probolinggo Finalisasi DCT dan Surat Suara Pemilu 2024

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Mustopa

2 November 2023 16:46 2 Nov 2023 16:46

Thumbnail KPU Kabupaten Probolinggo Finalisasi DCT dan Surat Suara Pemilu 2024 Watermark Ketik
Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo foto bersama dengan perwakilan Parpol peserta Pemilu 2024/Foto:Tunjung Mulyono/Ketik.co.id

KETIK, PROBOLINGGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) finalisasi penyusunan daftar calon tetap (DCT) dan persetujuan dummy surat suara, Kamis (2/11/2023). 

Dalam kegiatan yang digelar di pendopo KPU Kabupaten Probolinggo itu, hadir seluruh perwakilan Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Probolinggo. 

"Rakor ini bertujuan untuk finalisasi desain surat suara. Utamanya pada pencantuman nama lengkap dan gelar bagi setiap calon peserta pemilu mendatang," ungkap Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim, Kamis (2/11/2023). 

Dijelaskannya, bahwa nama calon anggota legislatif (caleg) yang tertera di surat suara nantinya akan disamakan dengan nama dan gelar yang tertulis dalam ijazah yang digunakan caleg ketika mendaftarkan diri ke KPU.

"Acuan kami merujuk pada nama dan gelar yang ada dalam ijazah yang dipakai oleh caleg ketika mendaftarkan dirinya ke KPU. Termasuk itu titik, koma, dan tanda bacanya akan dicocokkan dengan yang ada di ijazah," jelasnya. 

Dikatakan Lukman, rakor ini selain untuk memastikan tidak adanya kesalahan penulisan nama dan gelar pada surat suara yang nantinya akan dicetak, juga untuk memastikan sebelum masuk tahapan penetapan DCT pada Jumat (3/11/2023).

"Sebelum kami tetapkan DCT itu, makanya kami lakukan rakor finalisasi ini. Untuk menghindari terjadinya kendala dalam penetapan nama-nama caleg dalam pengumunan DCT," katanya. 

Disebutkannya, dari hasil rakor itu nantinya akan disampaikan ke KPU RI untuk diproses lebih lanjut, utamanya untuk pencetakan dan penyiapan logistik berupa surat suara.

"Baik itu nama caleg dan nomor urutnya. Ketika sudah ditetapkan sebagai DCT tidak akan bisa berubah lagi. Sehingga tadi kami meminta kepada setiap perwakilan parpol untuk benar-benar mengecek dummy surat suara dari KPU," sebutnya.

Sementara itu, salah seorang pengurus DPC PKB Kabupaten Probolinggo Mustofa mengatakan, setelah dilakukan pengecekan terhadap dummy surat suara dari KPU, pihaknya menyatakan bahwa seluruh nama dan gelar serta nomor urut dari para caleg ya yang tersebar di 7 daerah pemilihan telah sesuai.

"Sudah kami lakukan pengecekan tadi terhadap dummy surat suara itu. Tidak ada yang keliru, dan telah sesuai dengan harapan kami," katanya singkat.(*)

Tombol Google News

Tags:

KPU probolinggo pemilu2024