Kualitas Pelayanan Tinggi, Pemkab Probolinggo Terima Penghargaan Zona Hijau

Jurnalis: Atiq Alirahbini
Editor: Marno

21 Maret 2023 10:34 21 Mar 2023 10:34

Thumbnail Kualitas Pelayanan Tinggi, Pemkab Probolinggo Terima Penghargaan Zona Hijau Watermark Ketik
Plh Bupati Probolinggo Ugas Irwanto saat menerima penghargaan di Kantor Ombudsman RI Jawa Timur di Surabaya, Selasa (21/3/2023). (Foto: Humas Pemkab Probolinggo)

KETIK, PROBOLINGGO – Lagi, Pemkab Probolinggo menorehkan prestasi dan menjadi salah satu penerima penghargaan dari 15 daerah se-Jawa Timur. Plh Bupati Probolinggo Ugas Irwanto  yang baru dua hari ditinggal umrah Wabup H.A Timbul Prihanjoko, menerima piagam penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 di kantor Ombudsman RI Jawa Timur di Surabaya, Selasa (21/3/2023).

Penghargaan itu diberikan Ombudsman RI, karena kinerja Pemkab Probolinggo memenuhi kriteria penilaian terhadap Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan Kualitas Tinggi atau masuk dalam kategori Zona Hijau.

Menurut Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Timur, Agus Muttaqin,  ada empat variabel penilaian. Pertama,  aspek input variabel kompetensi pejabat atau petugas pelayanan.

Kedua, proses pemenuhan standar pelayanan publik. Ketiga, output persepsi pengguna layanan terhadap mal administrasi. Keempat, dimensi pengaduan pengelolaan pengaduan.

"Kami memberi apresiasi kepada daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik," ujar Agus yang juga  mantan wartawan Jawa Pos itu.

Secara terpisah, Plh Bupati Probolinggo Ugas Irwanto kepada ketik.co.id mengaku bersyukur atas capaian kinerja Pemkab Probolinggo. 

"Kita mesti terus bekerja selaras berkelanjutan. Ini adalah fakta kinerja bersama, selama dua tahun terakhir di bawah kepemimpinan Pak Joko (H.A. Timbul Pihanjoko). Kami harus mempertahankan capaian itu ke depannya," ujarnya.

Lebih jauh, Plh Bupati Ugas menjelaskan, konsep kinerja Bus Patas (Bersama untuk Sinergi, Empat As yakni, Loyalitas, Kualitas, Efektifitas, Tuntas), cukup efektif dan bisa menjadi pilar taktis strategis pemkab ke depannya, untuk mencapai tujuan kemajuan Kabupaten Probolinggo.

"Ke depan, kami mesti terus bekerja keras dan berharap support semua lini stakeholder maupun segala lapisan masyarakat. Karena target satgas Bus Patas cukup berat, yaitu peningkatan bidang kesehatan, kesejahteraan sosial dan pendidikan," ujar Ugas. (*)

Tombol Google News

Tags:

plh bupati ugas irwanto Pemkab Probolinggo penghargaan probolinggo ombudsman probolinggo