Demi Perbaiki Akuntabilitas, Pemkab Probolinggo Launching Lapor Kand4

Jurnalis: Atiq Alirahbini
Editor: Marno

21 Oktober 2023 00:02 21 Okt 2023 00:02

Thumbnail Demi Perbaiki Akuntabilitas, Pemkab Probolinggo Launching Lapor Kand4 Watermark Ketik
Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto melaunching layanan pengaduan yang diberi nama Lapor Kand4, Jumat (20/10/2023). (Foto: Disminfo Kabupayen Probolinggo)

KETIK, PROBOLINGGO – Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto membuat gebrakan dengan melaunching layanan pengaduan yang diberi nama Lapor Kand4 dengan nomor call center 082 131 001 001, di Pendopo Bupati Probolinggo, Jumat (20/10/2023) sore. 

Menurut plt Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Heri Mulyadi, gagasan ini muncul sebagai terobosan untuk meningkatkan akuntabilitas Pemkab Probolinggo dibawah kepemimpinan Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto.

"Secara teknis, operator akan stand by 24 jam siap menerima segala jenis laporan pengaduan terkait keluhan pelayanan pembangunan infrastruktur, pelayanan administrasi maupun pelayanan publik lainnya," ujarnya kepada ketik.co.id disela sela acara launching di pendopo. 

Dijelaskan, huruf angka 4 di belakang tulisan lapor Kand4, sebagai bentuk kelanjutan dari jargon yang diusung sebelumnya yakni konsep Empat As (Bus Patas atau Bersama Untuk Sinergi Empat As), yakni Loyalitas, Kualitas, Efektifitas dan Tuntas. 

"Pak Pj Bupati Ugas, kan sebelumnya saat menjabat sekda memiliki jargon Bus Patas. Nah, lapor kand4 ini adalah follow up-nya," ungkap Heri.

Secara terpisah, Pj Bupati Ugas Irwanto kepada Ketik.co.id menjelaskan, launching lapor kand4 ini merupakan bagian dari layanan publik untuk masyarakat, dengan capaian indikator untuk melibatkan peran serta masyarakat dalam proses pembangunan. 

"Ini juga bagian dari mendongkrak transparansi atau Keterbukaan informasi publik. Agar kinerja para abdi negara lebih akuntabel dan bisa lebih bertanggungjawab dalam memberi pelayanan publik" katanya singkat.

Sementara itu, acara launching dihadiri jajaran forkopimda, kepala satuan kerja di lingkungan pemkab, tokoh organisasi sosial kemasyarakat serta perwakilan organisasi keagamaan di Kabupaten Probolinggo. (*)

Tombol Google News

Tags:

pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto lapor kanda4 Perbaikan Akuntabilitas Pemkab Probolinggo Diskominfo