Lakukan Sub PIN Polio, Pemkab Bangkalan Optimistis Capai 100 Persen

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

22 Januari 2024 08:23 22 Jan 2024 08:23

Thumbnail Lakukan Sub PIN Polio, Pemkab Bangkalan Optimistis Capai 100 Persen Watermark Ketik
Pj Bupati Bangkalan, Dr. H. Arief M. Edie, M.Si saat memberikan vaksinasi (22/1/2024). (Foto: Dok Ketik.co.id)

KETIK, BANGKALAN – Pj Bupati Bangkalan, Dr. H. Arief M. Edie, M.Si mengapresiasi pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, dan Jawa Tengah, serta Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mulai 15 hingga 21 Januari 2024.

Mantan Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Pemkot Semarang tersebut mengatakan, diperlukan kerja sama banyak pihak dan lintas instansi untuk mensukseskan Imunisasi polio ini. Terutama tenaga kesehatan yang berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Untuk mensukseskan imunisasi ini kami melakukan pembagian tugas dengan PKK, Bhayangkari dan sejumlah instansi agar imunisasi bisa merata sampai ke desa desa,” jelasnya saat ditemui di Sentra IKM Bangkalan, Senin (22/1/2024).

Selain itu pihaknya juga melibatkan organisasi islam seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan sejumlah pondok pesantren untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang kehalalan vaksin yang digunakan.

Foto Pj Bupati Bangkalan, Dr. H. Arief M. Edie, M.Si saat ditemui di Bangkalan. (Foto: Dok Ketik)Pj Bupati Bangkalan, Dr. H. Arief M. Edie, M.Si saat ditemui di Bangkalan (22/1/2024). (Foto: Dok Ketik)

Di samping kehalalalan vaksin, edukasi mengenai pentingnya vaksinasi untuk melindungi generasi penerus dari persebaran penyakit berbahaya juga terus dilakukan.

Edukasi mengenai pentingnya vaksinasi sangat perlu untuk disosialisasikan karena masih banyak orang tua yang belum mengerti tentang pentingnya vaksinasi.

Untuk wilayah Kabupaten Bangkalan capaian vaksinasi polio saat ini sudah menembus angka95,6 persen, pihaknya sendiri optimis dalam waktu dekat bisa mencapai 100 persen.

“Untuk orang tua kami selalu menekankan untuk datang ke posyandu dan puskesmas untuk memeriksakan dan melaksanakan vaksinasi pada anaknya,” pungkasnya.

Virus Polio adalah virus yang termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja. Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus.

Polio dapat menyerang pada usia berapa pun, tetapi polio terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Sub PIN Polio Pemkab Bangkalan Arief M Edie Virus Polio Kelumpuhan