Layanan Fast Track Diklaim Paling Cepat, Apa Benar?

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

14 Mei 2024 09:34 14 Mei 2024 09:34

Thumbnail Layanan Fast Track Diklaim Paling Cepat, Apa Benar? Watermark Ketik
Abdul Haris saat diwawancarai di Asrama Haji, Senin (13/5/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Layanan fast track yang digadang-gadang menjadi layanan tercepat dalam ibadah haji kali ini. Namun durasi yang ditempuh dalam pengurusan fast track ini kurang lebih 4 jam. Hal ini lebih lama dari pengurusan dokumen jemaah haji sebelumnya yang hanya 2 jam dari adanya program fast track.

"Jadi 4 jam itu, untuk pengurusan dokumen keluar Indonesia selama dua jam dan pengurusan dokumen masuk ke Saudi Arabia dua jam," ucap Sekertaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris, Senin (13/5/2024).

Hal ini membuat calon jemaah haji (CJH) memiliki waktu istirahat lebih singkat sebelum berangkat ke bandara. Meskipun begitu, Haris menyebut proses fast track ini cukup cepat. "Karena CJH sudah tidak harus mengurus dokumen kedatangan di Saudi Arabia untuk masuk ke negara tersebut karena sudah terurus dan didata di Indonesia," ucapnya.

Meskipun begitu, Haris menjelaskan dalam proses di lapangan pengurusan dokumen masuk dan keluar untuk CJH hanya 45 menit. "Dari satu kloter 371 jemaah ini bisa dirampungkan selama 45 menit sudah beres semua," ucapnya.

Bandara Juanda sudah menyiapkan pelayanan khusus bagi para CJH. Mereka dapat memanfaatkan ruang tunggu gate 13-15 pada Terminal 1 sebagai area layanan fast track oleh Pemerintah Arab Saudi.

GM Bandara Juanda, Sisyani Jaffar mengatakan, pihaknya juga mengantisipasi jika ada beberapa jadwal keberangkatan haji yang bersamaan dengan penerbangan reguler. "Kami telah mengantisipasi dengan memanfaatkan secara maksimal waktu dan mengatur slot parkir pesawat agar tidak berdampak pada operasional bandara,“ katanya.

Lebih lanjut, berdasarkan data dari PPIH Embarkasi Surabaya, jumlah keseluruhan CJH yang akan diberangkatkan dari Bandara Juanda sebanyak 39.226 orang yang akan dibagi dalam 106 kloter penerbangan dari wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk jadwal keberangkatan atau embarkasi dimulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024. Seluruh layanan penerbangan haji dari Jawa Timur dilayani oleh Saudi Arabia Airlines menggunakan pesawat A330-300 yang berkapasitas 371 penumpang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Haji 2024 Calon Jemaah Haji haji layanan fast track