Layanan Serentak Pembuatan Paspor Calon Jemaah Haji Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat

3 Maret 2023 03:27 3 Mar 2023 03:27

Thumbnail Layanan Serentak Pembuatan Paspor Calon Jemaah Haji Jember Watermark Ketik
Layanan pembuatan paspor calon jemaah haji 2023 di Jember. (Foto: Humas Imigrasi Jember)

KETIK, JEMBER – Pada Kamis (2/3/2023), Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember menggelar kegiatan pembuatan paspor jemaah haji  2023.

Pembuatan paspor jemaah haji yang telah terdaftar untuk berangkat ke Tanah Suci tahun ini digelar serentak di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember.

Rizki Putra selaku kepala Subseksi Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim, menyatakan kegiatan pembuatan paspor jemaah haji dapat terlaksana atas kerja sama dengan Kantor Kemenag Jember. Kegiatan yang bertajuk Eazy Passport merupakan bentuk upaya proaktif bagi pemohon paspor calon jemaah haji.

Ia mengungkapkan bahwa tujuan dari program ini untuk percepatan pelayanan masyarakat calon jemaah haji. “Kegiatan ini merupakan bentuk imigrasi hadir melayani masyarakat calon jemaah haji,” tuturnya.

Rizki Putra menambahkan jika program Eazy Passport merupakan kegiatan nasional. Namun kali ini program tersebut disiapkan khusus untuk para jemaah haji di Jember.

“Sebenarnya program yang berlaku secara nasional ini adalah program Eazy Passport, tetapi program ini kita kemas khusus untuk jemaah haji di Jember. Agar lebih mempermudah dan merasakan langsung bagaimana peran imigrasi terhadap pemrosesan haji,” terangnya.

Ia juga memaparkan, menggunakan program Eazy Passport dapat memudahkan calon jemaah haji mengurus paspor. Mereka tidak perlu datang langsung ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jember Kanwil Kemenkumham Jatim. Hanya cukup datang ke Kantor Kemenag  untuk merekam foto dan data biometrik.

“Untuk saat ini kita memulai dengan melayani langsung di Kemenag wilayah Jember. Saat ini kita proses ada 104 jemaah, sedangkan besok ada lagi, jadi secara maraton ada 1.070 yang saya dapatkan datanya yang belum memiliki paspor,” pungkas Rizki Putra.(*)

Tombol Google News

Tags:

pembuatan paspor calon jamaah haji 2023 Jember Kantor Imigrasi Jember Kemenag Jember