Mak Rini Hadiri Grand Show Youth Festival dan Grand Final Pemilihan Duta Pemuda Kabupaten Blitar 2024

Jurnalis: Favan Abu Ridho
Editor: M. Rifat

3 Agustus 2024 16:59 3 Agt 2024 16:59

Thumbnail Mak Rini Hadiri Grand Show  Youth Festival dan Grand Final Pemilihan Duta Pemuda Kabupaten Blitar 2024 Watermark Ketik
Grand final pemilihan duta pemuda Kabupaten Blitar 2024, Sabtu (3/8/2024). (Foto: Favan/ketik.co.id)

KETIK, BLITAR – Dalam rangka peringati hari jadi Blitar ke 700, Bupati Blitar, Rini Syarifah menghadiri Grand Show Blitar Youth Festival dan grand final pemilihan duta pemuda Kabupaten Blitar 2024. Acara berlangsung di alun-alun Kanigoro, Kabupaten Blitar, Sabtu (3/8/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Blitar yang akrab disapa Mak Rini ini memberikan apresiasi kepada para finalis yang telah terpilih menjadi duta pemuda Blitar.

"Saya menyampaikan ucapan selamat dan sukses untuk saudara-saudara yang telah meraih prestasi sebagai duta pemuda dan sebagai coach terbaik," ujar Mak Rini.

Mak Rini menjelaskan, para duta tersebut nantinya bertugas untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan perangkat daerah terkait dalam membantu memberikan pelayanan kepemudaan dan kepada masyarakat pada umumnya.

"Mereka akan mejalankan tugasnya selama kurang lebih 2 tahun ke depan," jelasnya.

Nantinya para duta yang terpilih akan memiliki beberapa tugas, lanjut Mak Rini. Diantaranya, menjadi edukator, yaitu memberikan informasi kepada masyarakat luas berkaitan dengan gelar yang disandangnya serta urusan kepemudaan pada umumnya.

Foto Mak Rini bersama jajaran saat hadiri Grand Show Blitar Youth Festival dan grand final pemilihan duta pemuda Kabupaten Blitar 2024, Sabtu (3/8/2024). (Foto: Favan/ketik.co.id)Mak Rini bersama jajaran saat hadiri Grand Show Blitar Youth Festival dan grand final pemilihan duta pemuda Kabupaten Blitar 2024, Sabtu (3/8/2024). (Foto: Favan/ketik.co.id)

"Selain edukator, mereka juga akan mempersuasi, yaitu upaya untuk memengaruhi ide, sikap, perilaku juga tindakan seseorang mengenai suatu hal yang berkaitan dengan gelar yang disandangnya serta urusan kepemudaan pada umumnya," lanjutnya.

Mak Rini juga berharap para duta bisa menjadi Public Figure, yaitu menjadi teladan bagi para pemuda dan masyarakat sekitar. Seorang duta pemuda harus memiliki semangat belajar yang tinggi dan terus berupaya mengembangkan dirinya menjadi pribadi yang berkualitas.

"Yang penting juga, pemuda harus menjadi agen perubahan, yaitu harus memiliki kemampuan problem solving untuk mengatasi berbagai masalah maupun tantangan yang dihadapi terkait dengan gelar yang disandangnya serta urusan kepemudaan pada umumnya. Seorang duta pemuda diharuskan dapat berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut melalui program-program kreatif yang dilakukan," imbuh Mak Rini.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Natasya Melinda Puspita, panitia humas Blitar Youth Festival menjelaskan, seluruh peserta Blitar Youth Festival merupakan putra putri terbaik Kabupaten Blitar yang dipilih melalui proses audisi pada tanggal 2 Juni 2024.

"Yang spesial pada malam ini adalah seluruh busana yang dikenakan oleh para finalis duta pemuda merupakan karya para designer alumni Blitar Youth Festival angkatan 2019 – 2023 dan seluruh panitia dan organizer acara ini juga para alumni Blitar Youth Festival angkatan 2019 – 2023," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Blitar Kabupaten Blitar Mak Rini Rini Syarifah Grand Show Blitar Youth Festival Hari jadi Blitar 700